PERANCANGAN DAN REALISASI BPF RESONATOR DIELEKTRIK BERBASIS MIKROSTRIP PADA FREKUENSI 10360 MHz – 10430 MHz

Henry Surya Saputra

Informasi Dasar

111091008
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Resonator adalah suatu rangkaian yang dapat meloloskan frekuensi tertentu dan meredam frekuensi yang tidak di inginkan. Resonator dielektrik adalah suatu bahan dengan konstanta dielektrik tinggi dan rugi-rugi rendah. Dalam pembuatan BPF frekuensi tinggi diperlukan suatu bahan resonator dielektrik untuk mempermudah pembuatannya. Kelebihan dari penggunaan metode ini adalah saat realisasi dapat dilakukan optimasi tanpa pencetakan mikrostrip lagi sedangkan kekurangannya pengaturan letak resonator dielektrik yang sulit untuk menghasilkan output yang diharapkan.

Tugas akhir ini merancang dan merealisasi dielektrik resonator BPF berbasis mikrostrip pada frekuensi 10.360 MHz – 10.430 MHz untuk aplikasi radar pengawas pantai. Saluran transmisi pembuatan filter ini akan menggunakan saluran mikrostip, yaitu saluran transmisi yang terdiri dari konduktor strip dengan lebar, ketipisan strip konduktor, diletakkan pada sebuah substrat. Dielektrik substrat memiliki groundplate di bawahnya. Pada filter ini juga diletakkan resonator dielektrik dalam pembuatan filter. Keluaran yang diharapkan mendapatkan nilai insertion loss dan bandwidth lebih baik dari perancanganperancangan sebelumnya.

Pengukuran filter dilakukan dengan menggunakan network analyzer untuk memperoleh informasi tentang kinerja dan karakteristik prototype yang telah dibuat. Parameter-parameter yang diukur antara lain: respon frekuensi, bandwidth, insertion loss,Return Loss, Standing Wave Ratio, dan Impedansi terminal. Adapun hasil pengukuran adalah : frekuensi tengah 10.540 GHz dengan bandwidth 570 MHz , insertion loss 1.840 dB, return loss 15.369 dB (input) dan 30.288 dB (output), SWR 1.410 (input) dan 1.047 (output), impedansi terminal 70.411+j2.143 Ω (input) dan 41.229+j116.875 Ω (output).

Kata Kunci : Resonator Dielektrik ,BPF, MikrostripABSTRACT: Resonator is a circuit that can pass certain frequencies and muffle unwanted frequencies. Dielectric resonator is a material with a high dielectric constant and low losses. In the manufacture of high-frequency BPF is required a dielectric resonator materials for simplify of design. The advantages of using this method is when the realization of optimization can be done without printing microstrip again, the drawback is the setting of dielectric resonator layout that are difficult to produce the expected output.

This thesisdesign and realize a dielectric resonator BPF based on microstrip on frequency 10360 MHz - 10430 MHz for coastal guard radar applications. This filter manufacture transmission line will use mikrostip channel, which consists of a transmission line conductor strip width, the thinness of the strip conductor, placed on a substrate. Dielectric substrate have agroundplate underneath. At these filtersalso be put in a dielectric resonator for filter manufacturing.Output that expected to get the value of insertion loss and better bandwidth than previous designs.

Filter measurements is performed by using a network analyzer to obtain information on the performance and characteristics of the prototype that has been made. The parameters measured include: frequency response, bandwidth, insertion loss, return loss, Standing Wave Ratio, and terminal impedance. The measurement results are: center frequency 10.540 GHz with a bandwidth of 570 MHz, insertion loss 1.840 dB, return loss 15.369 dB (input) and 30.288 dB (output), SWR 1.410 (input) and 1.047 (output),terminal impedance 70.411+j2.143 Ω (input) dan 41.229+j116.875 Ω (output).Keyword: Dielectric Resonator, BPF, Microstrip

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI BPF RESONATOR DIELEKTRIK BERBASIS MIKROSTRIP PADA FREKUENSI 10360 MHz – 10430 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Henry Surya Saputra
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini