ABSTRAKSI: Perkembangan visualisasi tiga dimensi sudah digunakan dalam banyak aplikasi, seperti video game, film, dan video. Tetapi pengembangan visualisasi tersebut tidak didukung dengan audio yang dapat membuat visualisasi tersebut terkesan lebih nyata.
Pada tugas akhir ini, telah berhasil dibuat suatu sistem untuk membantu memecahkan masalah tersebut dengan membuat sebuah aplikasi ilusi sirkular audio tiga dimensi. Metode yang digunakan adalah dengan penggunaan metode Head-Related Transfer Function, yang merupakan metode perubah amplitudo dan fasa sehingga dapat dipakai untuk membuat audio tiga dimensi dengan efek sirkular. Langkah-langkah yang digunakan pada tugas akhir ini adalah pre-processing, perhitungan panjang matriks x, proses HRTF dan proses konversi. Parameter-parameter yang dianalisis di tugas akhir ini adalah MOS dan MSE.
Hasil simulasi aplikasi ini telah berhasil mengkonversi stereo dua dimensi menjadi tiga dimensi audio. Window yang paling baik yang digunakan dalam sistem ini adalah window hamming. Waktu rata-rata yang diperlukan sistem untuk melakukan proses konversi adalah 46,16 detik. Sistem ini juga dapat membuat sebagian besar pendengar dapat mengidentifikasi sumber suara yang dibunyikan secara akurat dengan nilai MOS maksimal adalah 4,53. Telah berhasil dianalisis pula penempatan speaker yang paling tepat untuk mendengarkan efek sirkular audio 3 dimensi dengan sudut 30o dari pendengar dengan nilai MOS 2,8Kata Kunci : Konversi, 3D Audio, Audio Processing, HRTF, Circular Surround Sound, Virtual Surround SoundABSTRACT: The development of three-dimensional visualization has been used in many applications, such as video games, movies, and video. But development is not supported by the visualization of audio that can make it seem more real visualization.
This final task has successfully created a system to help solving that problem by creating an illusion of circular application of three-dimensional audio. Head-Related Transfer Function is he method used in this final project, which is a method of amplitude and phase modifiers that can be used to create a threedimensional audio with a circular effect. The measures used in this final task is the pre-processing, calculation of x matrix length, the HRTF and the conversion process. The parameters analyzed in this final project is MOS and MSE.
Simulation results of this application have managed to convert stereo audio into a three-dimensional audio. Windowing system used in this final project is hamming window. The average time of 46.16 seconds is took by system to convert 2 dimentional audio into 3 dimentional audio. This system also make the most listeners can identify the source of the sound that sounded accurately with maximum 4.53 MOS value. Has been successfully analyzed also with the most appropriate placement of speakers to listen to audio circular 3-dimensional effect with angle 30o of listeners with 2.8 MOS value.Keyword: Conversion, 3D Audio, Audio Processing, HRTF, circular surround sound