ABSTRAKSI: Saat ini pembajakan berbagai databaik itu berupa data suara, citra, ataupun pesan teks terus meningkat.Pembajakan dapat terjadi di jalur komunikasi ataupun dengan menyerang perangkat korban secara langsung.Penggunaan teknologi internet juga memengaruhi peningkatan jumlah pembajakan terhadap data. Untuk meningkatkan keamanan terhadap data yang akan dikirim dapat dilakukan upaya dengan menyembunyikan data kedalam suatu media atau data lain. Teknik untuk menyembunyikan pesan atau data ke dalam suatu media lain disebut dengan steganografi.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan simulasi dan analisis steganografi terhadap data teks menggunakan metode penyisipan Enhanced Least Significant Bit(ELSB).Media yang digunakan sebagai tempat penyisipan adalah data audio yang sebelumnya telah diberi efek tiga dimensi menggunakan persamaan pada algoritma Table Lookup Architecture(TLA). Proses pengujian pada Tugas Akhir ini dilakukan secara non-real time.
Dengan menggunakan persamaan pada algoritma TLA dapat dihasilkan efek suara yang lebih lebar dan seakan-akan berada di belakang kepala atau menjauhi kepala.Penggunaan Metode penyisipan ELSB dapat menghasilkan SNR yang baik yaitu masih diatas 20dB dengan perbandingan panjang pesan terhadap panjang media tempat penyisipan (host) sebesar 0.03 atau 3% pada hampir semua host.Selain itu metode ELSB yang telah dimodifikasi dapat bertahan dari serangan Power Line Noise(PLN) dengan amplitudo dari 0.001 volt hingga 0.007 volt pada percobaan dengan panjang pesan hingga 11 karakter.Hasil Mean Opinion Score (MOS) untuk pengujian kualitas audio tiga dimensi TLA dengan skala maksimum 3, menunjukkan nilai rata-rata total sebesar 2.3.Sedangkan hasil MOS untuk kualitas suara tersisipi dengan skala maksimum 5 menunjukkan nilai rata-rata total sebesar 3.83 pada message length to host length ratio (MLHL) sebesar 1%.SNR sistem masih diatas 20dB ketika MLHL 3%, sedangkan MSE terbesar adalah 6.54 x 10-5 – pada MLHL 4%.Waktu komputasi terbesar adalah ketika penyisipan dengan MLHL 4% dengan waktu penyisipan 91.0775 detik dan waktu ekstraksi 0.493 detik.Kata Kunci : Steganografi, Least Significant Bit, Enhanced Least Significant Bit, SNR, Audio tiga dimensi. MOSABSTRACT: Nowadays a variety of data hijacking whether it be voice data , image, or text continues to increase . Hijacking can occur in communication lines or by attacking the victim directly. The use of Internet technologies also affect to the increase in the amount of data hijacking. To improve the security of the data to be sent can be done by hiding the data into a media or other data . A kind of technique to hide messages or data into a different media is called steganography.
In this final project will be carried out simulation and analysis of steganography on text data using Enhanced Least Significant Bit insertion (ELSB). Media used as a place of insertion is audio data has previously been given a three-dimensional effect using the equation in Table Lookup algorithm Architecture (TLA). Final testing of the process is done in a non - real time.
By using the equation on the TLA algorithm can produce a wider sound effects and seemed to be in the back of the head or away from the head. The use ELSB insertion method can generate good SNR which is still above 20dBwhen the ratio of messege length to host length is 0.003 or 3%. Additionally, ELSB method that has been modified to survive the onslaught of Power Line Noise (PLN) with an amplitude of 0.001 volts to 0.007 volts on experiment using 11 characters long messages. The results of Mean Opinion Score (MOS) for testing the audio quality TLA three-dimensional with maximum scale is 3, shows the total average value of 2.3. While the results for the MOS embedded sound quality with maximum scale is 5 shows the average value of 3.83 when message length to host length ratio (MLHL) is 1%. SNR of the system is still above 20dB when MLHL is 3%., while the largest MSE is 6.54 x 10-5when MLHL is 4%. The longest computation time is when MLHL is 4% with embedding time is 91.0775 second, and extraction time is 0.493 second.Keyword: Steganography, Least Significant Bit, Enhanced Least Significant Bit, PSNR, 3D Audio.