DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PROBABILITAS DAN STATISTIKA PADA PERANGKAT ANDROID

PUTRI DWI ASTUTI

Informasi Dasar

111108040
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mata Kuliah Probabilitas dan Statistika sangat diperlukan bagi mahasiswa, terutama ketika mereka harus mengumpulkan, mengolah, menganalisis, dan menginterprestasikan data untuk pembuatan skripsi, thesis, dan disertasi. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data dalam suatu bentuk yang lebih sederhana sehingga akan mudah untuk ‘dibaca’. Analisis statistika banyak menggunakan probabilitas sebagai konsep dasarnya. Hal ini terlihat banyak digunakannya uji statistika yang mengambil dasar pada sebaran peluang.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, telah ditemukan suatu mobile device atau biasa disebut dengan smartphone yang memungkinkan banyak aplikasi yang dapat dijalankan di dalamnya. Operating system pada smartphone Android bersifat terbuka, sehingga memungkinkan setiap orang untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi di dalamnya.

Pada Tugas Akhir ini, dibuat suatu aplikasi Probabilitas dan Statistika yang dibenamkan pada smartphone Android agar para mahasiswa dapat mempelajari materi Probabilitas dimanapun dan kapanpun dengan mudah. Pada aplikasi ini disajikan beberapa menu sederhana yang dikemas secara aplikatif seperti Konsep, Latihan, Soal dan Solusi sehingga memberikan daya tarik dan kemudahan bagi mahasiswa dalam memahami Mata Kuliah tersebut.

Aplikasi ini dibangun dalam beberapa tahapan. Pertama, tahap perancangan dengan menggunakan software eclipse. Kemudian tahapan pengujian dengan menggunakan emulator SDK android. Tahapan terakhir adalah pengujian pada smartphone Android. Aplikasi ini memberikan keluaran dalam bentuk teks, gambar, dan video.

Dari hasil pengujian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa aplikasi ini dapat menjalankan semua fungsi dan fiturnya sesuai dengan yang diharapkan. Kemudian aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu baru bagi mahasiswa dalam memahami Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas.Kata Kunci : Probabilitas, Statistika, Mobile Application, Eclipse, dan AndroidABSTRACT: The probability and statistics subject is needed for the college students, especially when they have to collect, process, analyze, and interpret data for making theses and dissertations. Statistics is a science that studies how to plan, collect, analyze, interpret, and present data in a simplified form so that it will be easy to 'read'. Many of statistical analysis use probability as its basic concept. It can be seen in a fact that many statistical tests based on the distribution of opportunities was used.

Along with the rapid development of technology, a mobile device that known as a smartphone has been found. This mobile device allows many applications to be run in it. Android smartphone's operating system which is open facilities every people to develops applications in it.

In this Final Project, a Probability and Statistics apllication that are packed onto the Android smartphone so that the college students can study Probability wherever and whenever easily was made. This application presented some simple menus which is packaged applicatifly, such as Konsep, Resume, Latihan, and Solusi, thus providing attraction and easiness for students in understanding the subject.

These application was built in several stages. First, design stage by using the Eclipse software. Next, testing stage by using Android SDK emulator. The final stage is testing in the Android smartphone. This application provides the output in form of text, images, and videos.

Results showed that this application can run all its functions and features as expected. This application also can be used as a new tool for college students to understanding the probability and statistics subject.Keyword: Probability, Statistics, Mobile Application, Eclipse, and Android

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI PROBABILITAS DAN STATISTIKA PADA PERANGKAT ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI DWI ASTUTI
Perorangan
Agus Virgono, INDWIARTI Dra. MSi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini