ABSTRAKSI: Mobile Ad Hoc Network atau MANET adalah jaringan wireless yang terdiri dari kumpulan mobile node (mobile station) yang bersifat dinamik dan spontan, dapat diaplikasikan di mana pun tanpa menggunakan jaringan infrastruktur (seluler ataupun PSTN) yang telah ada dan untuk jaringan yang sifatnya temporer. Mobilitas dari node-nodenya dan kecenderungan error pada media wirelessnya menjadi permasalahan yang terjadi pada jaringan mobile ad hoc, permasalahan-permasalahan tersebut dapat meningkatkan jumlah delay, packet loss dan mengurangi throughput. Maka dari itu untuk menganalisis paramter-parameter performansi jaringan tersebut diperlukan algoritma penjadwalan paket.
Dalam Tugas Akhir ini dilakukan penelitian performansi jaringan mobile ad hoc dalam mendukung layanan triple play dengan cara menganalisis nilai parameter-parameter QoS seperti delay, Packet Loss, throughput, fairness index dan jitter. Untuk mengukur parameter-parameter QoS tersebut dilakukan simulasi scheduling Deficit Round Robin (DRR) dan Smoothed Round Robin (SRR) pada layanan file transfer (data), video streaming (video) dan VOIP (suara).
Pada penelitian ini didapatkan hasil masing-masing algoritma scheduling memberikan performansi yang berbeda-beda dalam hal nilai throughput, packet loss, delay dan jitter. Sedangkan untuk fairness index, semua algoritma memberikan performansi yang baik karena masih dibawah nilai maksimal FI yaitu. Untuk kecepatan node 5.6 m/s atau setara dengan kecepatan user berkendaraan 20 km/jam, baik DRR maupun SRR memberikan performansi yang buruk untuk layanan video dan suara. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk jaringan mobile ad hoc tidak disarankan untuk kecepatan user berkendaraan mengakses video streaming dan VOIP. Dari skenario fairness index, hasil FI di node 20 untuk semua layanan memberikan nilai hampir mencapai nilai 1, yang artinya kedua algoritma tersebut sudah adil dalam melayani paket terutama pada paket layanan yang sifatnya real time.Kata Kunci : Mobile Ad Hoc Network (MANET), scheduling, QOS, DRR, SRRABSTRACT: Mobile Ad hoc Network or MANET is a wireless network that consists of some mobile nodes (mobile station) which are dynamic and spontaneous, can be applied anywhere without using the network infrastructure (cellular or PSTN) that already exist and for the temporary network. The problems that occurred in mobile ad hoc are mobility of the nodes and inclination error in media, these problems can increase the amount of delay, packet loss and reduce throughput. Therefore, to analyze the parameters network performance with packet scheduling algorithms.
In this Final Project is studied mobile ad hoc network performance to support of triple play services by analyzing the value of QoS parameters such as delay, packet loss, throughput, fairness index and jitter. To measure that can be simulated by scheduling Deficit Round Robin (DRR) and smoothed Round Robin (SRR) with the type of services are file transfer (data), video streaming (video) and VOIP (voice).
In this study, the results are every scheduling algorithm give the difference perform like throughput, packet loss, delay and jitter. Beside that for the fairness index, all of scheduling algorithm give the best perform because the value of FI still at under maximal. For node with speed 5.6 m / s or like a speed of user driving, both DRR and SRR give a bad performance for video and voice services. From these results it can be concluded that for mobile ad hoc networks are not recommended for speed driving users to access video streaming and VOIP. From of the scenario fairness index, the results of FI at node 20 for all services give the value almost reaches 1, which means that the two algorithms has been sent packet with fair, especially on real time services.Keyword: Mobile Ad Hoc Network (MANET), scheduling, QOS, DRR, SRR