PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA BENTUK RECTANGULAR MIKROSTRIP TRIPLE BAND PADA FREKUENSI 2.3, 2.4 DAN 3.3 GHZ

YULYANTO WAHYU DHANI KUSUMO

Informasi Dasar

111118013
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena merupakan perangkat yang sangat penting dalam bidang telekomunikasi wireless. Antena sendiri berfungsi sebagai pengubah gelombang terbimbing menjadi gelombang bebas, maupun sebaliknya. Semakin berkembangnya teknologi maka kebutuhan akan informasi akan semakin bertambah. Dengan demikian antena di masa depan tidak hanya diciptakan untuk alat yang ringan dan fungsi tunggal tetapi juga harus memenuhi syarat mampu beroperasi beberapa band yang cukup untuk mencakup daerah operasi yang dimungkinkan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu antena yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan komunikasi yang berbeda tersebut.

Antena yang akan di realisasikan pada tugas akhir ini menggunakan metode Shaped . Shaped adalah salah satu cara untuk memberikan pencacatan pada strip, untuk menghasilkan respon frekuensi yang diinginkan. Antena yang akan dibuat yaitu bentuk Rectangular dengan melakukan shaped pada beberapa bagian strip rectangular tersebut. Spesifikasi frekuensi kerja antena adalah 2.3 GHz, 2.4 GHz dan 3.3 GHz untuk aplikasi WLAN dan WiMAX, dengan impedansi karakteristik 50Ω, VSWR< 2 dan ,mempunyai gain antenna > 3 dBi.

Dalam tugas akhir ini, akan melakukan simulasi dengan menggunakan CST . Sehingga diharapkan akan ditemukan suatu pola radiasi tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk merancang antenna. Pengamatan serta analisa pada eksperiment dan simulasi antenna mikrostrip pada tugas akhir ini akan lebih ditekankan pada parameter pola radiasi antenna dan bagaimana mendapatkan hasil berupa triple band.

Hasil dari perancangan Antena Rectangular tersebut, antena mampu bekerja di Frekuensi 2.3, 2.4 dan 3.3 GHz. Namun belum mendapatkan bandwidth yang sesuai dengan yang diinginkan, bandwidth yang terealisasi adalah 66 MHz, 41 MHz dan 94 MHz untuk masing - masing respon frekuensi.Kata Kunci : Rectangular, Triple Band, Bandwidth, WLAN, WiMAXABSTRACT: Antenna is very important device in the wireless telecommunications system. The functions of Antenna is to convert guided waves to free wave, or otherwise. Growing of technology need more information to develop it. An antenna in the future not only created for lightweight tools and a single function but also must be able to qualify and to operate a few bands that sufficient to cover possible operating areas. Therefore we need an antenna that able to fulfill various requirements these different communications.

An antenna that will be realized on this final assignment is use a method shaped. Shaped is one way to give defacement on the strip to produce the desired frequency response Antenna will be made by the shape of rectangular with shaped in some parts of the rectangular strip. Specifications frequency of antenna is 2.3 GHz, 2.4 GHz and 3.3 GHz for WLAN and WiMAX applications, with a characteristic impedance of 50Ω, VSWR < 2 and, having antenna gain > 3 dBi.

The results of the Rectangular Antenna design. Antenna is able to work in Frequency 2.3, 2.4 and 3.3 GHz. But do not get bandwidth as expected, which bandwidth reality is 67 MHz, 41 MHz and 94 MHz for each - their frequency response.Keyword: Rectangular, Triple Band, Bandwidth, WLAN, WiMAX

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA BENTUK RECTANGULAR MIKROSTRIP TRIPLE BAND PADA FREKUENSI 2.3, 2.4 DAN 3.3 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YULYANTO WAHYU DHANI KUSUMO
Perorangan
Heroe Wijanto, Enceng Sulaeman.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini