PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA TWO ARM SQUARE SPIRAL ULTRA-WIDEBAND PADA FREKUENSI 2 – 10 GHz

Ramsel Batara Temban

Informasi Dasar

111118016
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam komunikasi wireless adalah antena. Ultra Wideband merupakan salah satu teknologi komunikasi nirkabel yang dapat digunakan untuk menyalurkan informasi dengan pita yang sangat lebar, sehingga untuk menunjang teknologi tersebut dibutuhkan suatu antena yang memiliki bandwitdh yang lebar sesuai kebutuhan teknologi UWB tersebut. Antena UWB ( Ultra Wideband ) mempunyai lebar bandiwidth di atas 25 %, sehingga menawarkan berbagai keuntungan seperti data rate yang tinggi, kapasitas yang tinggi, dan konsumsi daya yang rendah, sehingga sangat cocok digunakan untuk komunikasi wireless, imaging, dan radar.

Beberapa penelitian tentang antena UWB telah dilakukan sebelumnya, contohnya adalah antena UWB yang dibuat oleh Ryan Clarke dan Rosini Karunaratne dimana mereka merancang antena UWB dual L monopole yang bekerja pada frekuensi 225 MHz – 400 MHz, ukuran antena yang mereka buat masih cukup besar yaitu tinggi 10 inchi dan lebar 3 inchi, selain itu bandwidth antena yang dihasilkan tidak terlalu lebar, kemudian pada tahun 2010 Sohaib Maalik dari Chalmers University of Technology membuat antena UWB dengan metode CMOS technology pada frekuensi 2,7 GHz – 12 GHz, namun konstruksi dari metode ini cukup rumit, ukuran antena yang didapatkan adalah lebar 5 cm dan tinggi 5,5 cm. Selain itu masih ada beberapa frekuensi yang nilai return loss nya ≥ 10 dB.

Pada tugas akhir ini telah berhasil dirancang dan direalisasikan sebuah antena UWB spiral pada mikrostrip berbentuk square dua lengan ( two arm ) dengan bentuk yang lebih low profile dan konstruksi yang tidak terlalu rumit. Simulasi menggunakan CST Microwave Studio dan perealisasian antenna menggunakan mikrostrip berbahan Roger RT Duroid 5880 dengan , tinggi substrat 1,575 mm. Dari hasil perancangan dengan menggunakan CST Microwave Studio didapatkan hasil yang sesuai spesifikasi antena, dengan rentang frekuensi 2 – 10 GHz, VSWR ≤ 2, gain sekitar 3 dbi, pola radiasi bidirectional, dan polarisasi circular. Ukuran antena yang didapatkan adalah lebar 4,93 cm dan tinggi 4,93 cm.Kata Kunci : antenna, square spiral, mikrostrip, UWB, wireless, two armABSTRACT: Antennas are the most vital components in wireless communication,. Ultra wideband (UWB) technology based on the use of a very wide bandwidth in the frequency domain. Hence concept of ultra wideband antenna ( UWB ) is matter in order to support the UWB technology. UWB antenna is defined as an antenna having a bandwidth greater than 25 %. It has become offering some advantages such as very high speed data rates, hight capacity, and low power consumption, make it suitable for wireless communication, imaging and radar.

Some project of UWB antennas has been researched before, such as UWB dual L monopole designed by Ryan Clarke dan Rosini Karunaratne with frequency operation 225 MHz – 400 MHz, however the antenna’s design have a quite large size with height 10 inch and wide 3 inch, then in 2010 Sohaib Maalik from Chalmers University of Technology design a UWB antenna with CMOS technology metode. Frequency operation from 2,7-12 GHz, the design of the antenna is quite complicated, antenna height is 5,5 cm with antenna wide is 5 cm, the other drawback are there’s a few frequency have a return loss ≥ -10db.

In this final project, design and realization of square shape two arm spiral antenna UWB antenna with a compact size has been obtained. Simulation were designed on CST Microwave Studio software. Antenna has design on Roger RT Duroid 5880 with , substrat height 1,575 mm. The result of this final project were obtained a band notch frequency antenna’s from 2 – 10 Ghz, VSWR ≤ 2, gain about 3 dbi, bidirectional radiation pattern, and circular polarization. Antenna height is 4,93 cm and wide 4,93 cm.Keyword: antenna, square spiral, mikrostrip, UWB, wireless, two arm

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA TWO ARM SQUARE SPIRAL ULTRA-WIDEBAND PADA FREKUENSI 2 – 10 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ramsel Batara Temban
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini