PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP DENGAN PROSENTASE BANDWIDTH ≥ 2% PADA FREKUENSI S-BAND UNTUK RADAR PENGAWAS PANTAI

Riana Puspita Dewi

Informasi Dasar

111118023
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Radar pengawas pantai merupakan sistem radar yang memiliki fungsi untuk memantau dan mendeteksi berbagai aktivitas di wilayah laut. Antena yang dapat menunjang teknologi atau perangkat radar adalah antena mikrostrip. Alasan digunakannya antena mikrostrip yaitu antena yang low profile, mudah dimontasikan, tidak berat, dan tidak membutuhkan biaya besar. Namun kekurangan dari antena mikrostrip adalah gain yang dicapai kecil dan bandwidth kecil. Dimana antena yang dibutuhkan untuk aplikasi radar membutuhkan bandwidth yang relatif lebar, maka perlu dilakukan perancangan antena yang dapat menghasilkan bandwidth lebar untuk aplikasi radar tersebut.

Pada tugas akhir ini, akan dirancang antena array mikrostrip rectangular dua elemen dengan teknik pencatuan proximity coupling, untuk mengatasi kekurangan dari antena mikrostrip tersebut. Dengan perancangan antena tersebut, diharapkan bandwidth yang relatif lebar dan gain yang cukup tinggi sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Untuk perancangan dan simulasi akan digunakan software CST Microwave Studio 2010.

Dari hasil perancangan diperoleh hasil sesuai spesifikasi, yaitu VSWR ≤ 1.5 pada frekuensi 2.97 – 3.03 GHz, bandwidth selebar 71 MHz, gain yang diperoleh adalah sebesar 7,647 dBi, polarisasi linier, dan pola radiasi unidirectional.

Kata Kunci : antena mikrostrip, array, CST Microwave Studio 2010, proximity coupling, rectangular patchABSTRACT: Surveillance radar is a radar system which has function to monitor and detect all activities in the sea area. Antenna that can support the technology of radar antenna is mikrostrip antenna. The advantages of mikrostrip antenna are low profile, easily to applied, lightly and efficient of cost. But the lack of mikrostrip antenna is small gain and small bandwidth. Because the antenna of radar application requires wide bandwidth, we need to design the antenna which can generate wide-bandwidth for radar applications.

In this final task, array mikrostrip rectangular antenna designed by two elements with the proximity coupling for supply, to overcome the weakness of mikrostrip antenna. With the design of this antenna, it is expected a wide bandwidth and high gain in accordance with the prescribed specifications. For the design and simulation antenna will use CST Microwave Studio 2010 software.

From the results of antenna design already same with the specifications, the VSWR ≤ 1.5 in frequency 2.97 - 3.03 GHz. The value of bandwidth is 71 MHz, gain has been obtained is 7,647 dBi, linear polarization, and unidirectional radiation pattern.

Keyword: mikrostrip antenna, array, CST Microwave Studio 2010, proximity coupling, rectangular patch

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIKROSTRIP DENGAN PROSENTASE BANDWIDTH ≥ 2% PADA FREKUENSI S-BAND UNTUK RADAR PENGAWAS PANTAI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riana Puspita Dewi
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini