PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENGUKUR RABUN JAUH DAN RABUN DEKAT BERBASIS MIKROKONTROLER DAN DATABASE

WISUDANTYO WAHYU PRIAMBODO

Informasi Dasar

111118032
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seringkali fungsi mata sebagai indera penglihat terganggu karena beberapa faktor seperti rabun jauh atau rabun dekat yang disebabkan oleh faktor keturunan, kebiasaan yang salah atau mungkin faktor usia. Untuk mengukur seberapa tinggi rabun mata,pasien harus mengecek ke dokter mata atau ke optik dengan cara mencoba satu per satu level rabun mata dengan alat manual dan ini sangat tidak efektif dan hasilnya pun kurang akurat.

Dalam tugas akhir ini telah direalisasikan alat pengukur rabun mata elektronik sebagai alat bantu pasien untuk mengetahui seberapa tinggi minus (untuk rabun jauh) dan plus (untuk rabun dekat) yang diderita. Tugas akhir ini merupakan pengembangan dari proyek akhir sebelumnya di mana ada penambahan dan penyempurnaan pada sistem hardware serta penambahan database sebagai media penyimpan data hasil pengukuran untuk meningkatkan fungsi mobilitas dan fleksibilitas perangkat yang dibuat. Prinsip kerja alat ini adalah mengukur jarak baca pasien lalu membandingkan jarak tersebut dengan besaran standar yang kemudian diperoleh besarnya minus atau plus mata si pasien. Setelah jarak baca terukur maka data akan dikirim dan diolah di mikrokontroler yang kemudian hasilnya akan ditampilkan di LCD dan langsung tersimpan dalam suatu database sebagai medical historic pasien. Alat pengukur ini menggunakan motor stepper sebagai pengukur jarak baca pasien, mikrookontroler ATMEGA 8535 untuk mengolah data jarak baca pasien dan LCD untuk menampilkan hasil akhirnya. Menggunakan Modul Wi-Fi untuk mengirim data, dan menggunakan program aplikasi delphi sebagai aplikasi user interface dan penghubung antara mikrokontroler dan database.

Perancangan dan realisasi pengukur rabun jauh dan rabun dekat ini diharapkan bisa menggantikan alat pengukur rabun jauh dan rabun dekat manual yang ada saat ini dengan tidak mengurangi fungsi dasar dari alat pengukur itu sendiri.Kata Kunci : Miopi, Presbiopi, Motor Stepper, Mikrokontroler , Wi-Fi, Delphi, DatabaseABSTRACT: Oftentimes eye function as five sense annoyed because some factor like nearsighted (myopia) or farsighted (presbyopia) which is because of clan factor, wrong habit or possible age factor. To measure bleary high how the eyes,oftentime patient have to check to ophthalmologist or to optic by trying one per one bleary level of eye by manual device and this is very not effective and its result even also less be accurate.

In this final project have realized a electronic bleary grader of eye as a means of assist the patient to know how high minus (to myopic) and plus (to presbyopic) that suffered. This final project is development of previous project that have increasement and improvement in the hardware system and also add a database as media to save the measurement result as increase mobility and flexibility. Principle work this appliance is measure the distance read the patient then compare the distance by standard formula and then obtained the level of minus or plus of the patient. After distance read measured hence data will be sent and processed in mikrokontroller and its result will be presented in LCD and directly saved in database used as medical history for patient. This grader use the motor stepper as hodometer read the patient, microcontroller ATMEGA 8535 for processing the data apart to read the patient and LCD to present its end result. Use Wi-Fi modul to send data result and use delphi as user onterface application and connect microcontroller and database

Design and Realization this nearsighted(myopic) and farsighted(presbyopic) expected can replace the nearsighted and farsighted existing manual tools in this time with do not lessen the elementary function from itself grader.Keyword: Myopia, Presbyopia, Stepper Motor, Microcontroller, Wi-Fi, Delphi, Database

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ALAT PENGUKUR RABUN JAUH DAN RABUN DEKAT BERBASIS MIKROKONTROLER DAN DATABASE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WISUDANTYO WAHYU PRIAMBODO
Perorangan
Achmad Rizal, Sugondo Hadiyoso
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini