PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIMO 3x3 PATCH RECTANGULAR BERBASIS MICROSTRIP UNTUK FREKUENSI 2,3-2,39 GHZ

Monica Dewi Soejantono

Informasi Dasar

111118041
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: LTE yaitu Long Term Evolution adalah alternatif sistem jaringan komunikasi seluler 4G pita lebar dengan variasi kecepatan data sangat tinggi. Pada Transmitter dan receiver sistem komunikasi, termasuk sebuah system LTE terdapat perangkat antenna untuk mentransmisikan dan menerima sinyal. Kendala yang dihadapi adalah multipath fading yang menyebabkan fluktuasi sinyal di penerima. Untuk mengatasi multipath fading dan pencapaian bit rate yang tinggi, dirancang antenna dengan teknologi MIMO ( Multiple Input Multiple Output).Sistem MIMO merupakan system komunikasi yang menggunakan multi antenna baik di sisi transmitter maupun sisi receiver.

Pada tugas akhir ini telah direalisasikan Antena susunan MIMO 3 catuan menggunakan teknologi mikrostrip. Antena adalah perangkat bersifat pasif sebagai media penghubung antara gelombang terbimbing dan gelombang tidak terbimbing. Dengan teknologi MIMO 3x3, antenna disusun/ array dengan 3 catuan yang bekerja pada frekuensi yang sama. Dimana masing-masing susunan diharapkan memiliki gain > 6 dBi. Antena ini bekerja pada frekuensi 2300-2390 Mhz yang dapat diaplikasikan pada blok sistem LTE untuk CPE (customer promises equipment) indoor.

Realisasi antenna ini telah diuji melalui pengukuran dengan hasil gain pada port 1,2 dan 3 adalah 5.3dBi ,5.53 dBi dan 5.8dBi, kopling antar port atau catuan adalah 31-57 dB. VSWR yang telah dicapai port 1,2 dan 3 adalah 1.13,1.4, 1.21 dengan bandwidth antara 113-130 Mhz. Antena ini telah disimulasikan menggunakan software Ansoft.Kata Kunci : Antena, Mikrostrip, Array, MIMO, LTEABSTRACT: LTE ( Long Term Evolution ) is an alternative system of mobile communication network 4 generation with mobile broadband and very high data speeds . Transmitter and receiver on communication systems, including an LTE system there are antennaa for transmitting and receiving signals. The problem is multipath fading that causes fluctuations in the signal at the receiver. To overcome multipath fading and achieving a very high bit rate, designed antennas with MIMO technology (Multiple Input Multiple Output). MIMO system is a communication system that uses multiple antennas at both the transmitter and receiver sides.

From This final project has been realized 3x3 MIMO array antenna using microstrip technology. Antenna is a passive device as a media liaison between the guided wave and the unnguided wave . With 3x3 MIMO, 3 antennas that works on the same frequency, arranged with a certain distance and supplied with 3 different ration. Where each arrangement is expected to have a gain> 6 dBi. This antenna works on the frequency 2300-2390 MHz that can be applied to the LTE system block for CPE (customer promises equipment) indoors.

The realization of this antenna has been tested by measuring the results of gain at port 1, 2, and 3 are 5.3dBi ,5.53 dBi dan 5.8dBi, isolation between ports was 31-57 dB. Achieved VSWR 1.13,1.4, 1.21 for pert 1,2 and 3. There were 113-130 Mhz of bandwidth. This antenna had been simulated using Ansoft 13 software.Keyword: Antenna, Microstrip, Array, MIMO, LTE

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA ARRAY MIMO 3x3 PATCH RECTANGULAR BERBASIS MICROSTRIP UNTUK FREKUENSI 2,3-2,39 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Monica Dewi Soejantono
Perorangan
Tengku Ahmad Riza, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini