USULAN PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAGI KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PT TELKOM DIVRE III, BANDUNG

NUR ISMALIANA

Informasi Dasar

87 kali
112000141
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI:

Berangkat dari visi untuk menjadi

Telkom telah melakukan langkah strategis meredefinisi bisnisnya dan mentransformasi

diri menjadi perusahaan berbasis pelanggan (

langkah ini akan sangat ditentukan oleh kemampuan manajemen dalam mentransformasi

SDM-nya untuk menguasai kompetensi-kompetensi di bidang-bidang baru. Sebagai

bagian dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan, Bagian

Pemasaran perlu mendapat perhatian dari perusahaan. Salah satu usaha untuk

meningkatkan kompetensi karyawan yaitu dengan diadakannya program pengembangan

kompetensi yang sesuai kebutuhan karyawan untuk mengurangi kesenjangan antara

kompetensi yang dibutuhkan perusahaan dengan kompetensi yang dimiliki oleh

karyawan.

Agar program pengembangan kompetensi memberikan manfaat yang optimal

bagi karyawan maka dilakukan pengukuran kompetensi eksisting karyawan melalui

kuesioner yang disebarkan kepada karyawan Bagian Pemasaran PT Telkom Divre III.

Sedangkan tingkat kebutuhan kompetensi pada posisi tertentu sudah ditetapkan oleh

perusahaan. Melalui analisis kesenjangan antara kompetensi yang dibutuhkan dan

kompetisi eksisting karyawan dan analisis kebutuhan program pengembangan kompetensi

karyawan maka dapat dihasilkan rekomendasi program pengembangan kompetensi yang

sesuai dengan kebutuhan karyawan sehingga dapat menjalankan tugas dan tanggung

jawabnya dengan baik.

Kesenjangan terdapat pada semua variabel

Leading Infocom Player in The Region, PTcustomer-centric company). KesuksesanCore Competencies, sedangkan pada

Specific Competencies

hanya kompetensi Product Knowledge dan Business Development

yang tidak terdapat kesenjangan negatif. Semua karyawan, kecuali Karyawan G, yang

disarankan untuk mengikuti program pengembangan kompetensi agar dapat menjalankan

tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sehingga memberikan kontribusi optimal bagi

keberhasilan perusahaan

Program pengembangan kompetensi yang akan diberikan menurut memiliki

tujuan untuk mengurangi kesenjangan negatif pada variabel

Core Competencies dan

Specific Competencies.

perusahaan yaitu

Personal Effectiveness, Performance Management, Customer Service, Diversity Training,

Organization Training, Organizational Behaviour, Attracting New Client, Consulting

Skill, Transformational Thinking Program, Business Communication, Communication

Skill, Successful Team Dynamic, Negotiation Training, Decision Making.

Prioritas materi pengembangan kompetensi yang perlu diadakanInterpersonal Skill, Business Process Innovation, Career Development,
Kata Kunci : -ABSTRACT:

Based on its vision to become Leading Infocom Player In The Region, PT Telkom

have done a strategic step of its business re-definition and transformed itself become

customer-centric company. The success of this step determined by management ability in

human resource transformation to master competencies in new areas. As part of direct

corresponding company with client, Marketing Division needs to get attention from

company. One of effort to increase the employee’s competence that is by performing

competency development program that appropriate with employee’s to decrease

difference between competencies that required by company with competencies that owned

by employees.

In order to give an optimal benefit for employees based on competencies

development program, the researcher conducted the measurement of existing employee’s

competency using questionnaire that answered by the employees of Marketing Division

PT Telkom Divre III. Company has specified the levels of competence’s requirement at

certain position. Through difference analysis between required competencies,

competency that owned by existing employees and requirement analysis of competencies

development program, its obtained a recommendation program of competencies

development that appropriate with the employees requirement so they doing their job and

responsibility better.

The difference occurs at all of variable of Core Competencies, at Specific

Competencies only competency of Product Knowledge And Business Development that do

not emerge negative difference. All employees, except employee G, that suggested

following the competencies development program in order to earn to run their job and its

responsibility better so that they could give an optimal contribution for company

effectiveness.

The competencies development program design to decrease negative difference at

variable of Core Competencies And Specific Competencies. The priority of items of

competencies development that need to perform by a company is Interpersonal Skill,

Business Process Innovation, Career Development, Personal Effectiveness, Performance

Management, Customer Service, Diversity Training, Organization Training,

Organizational Behaviors, Attracting New Client, Consulting Skill, Transformational

Thinking Program, Business Communication, Communication Skill, Successful Team

Dynamic, Negotiation Training, Decision Making.

Keyword: -

Subjek

other
 

Katalog

USULAN PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI BAGI KARYAWAN BAGIAN PEMASARAN PT TELKOM DIVRE III, BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR ISMALIANA
Perorangan
Marina Yustiana Lubis, MT., Dode Suparman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini