PERANCANGAN STRATEGI PERAWATAN DAN PENGADAAN KOMPONEN KRITIS PADA RESIN PLANT BAGIAN PROCESSING BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE ( RCM ) MENGGUNAKAN SOF T WARE RELIASOFT (STUDI KASUS: PT KANSAI PRAKARSA COATINGS)

YULIANA FAUZIAH

Informasi Dasar

112070009
658.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: PT Kansai Prakarsa Coatings adalah industry manufaktur yang berspesialisasi dalam produk resin dan emulsion paint . Salah satu produk yang di hasilkan oleh pabrik ini adalah resin. PT KPC memiliki empat buah processing unit untuk memproduksi resin beserta dengan subsi stem pendukungnya. Berdasarkan pada data historis antara tahun 2009 hingga 2012, subsistem - subsistem tersebut sering kali mengal ami interferensi, yang dapat mengakibatkan gangguan pada aktifitas proses. Terjadinya mal fungsi padas s ubsistem dapat mengakibatkan meningkatnya jumlah downtime secara signifikan. Penelitian ini berfokuskan untuk memecahkan masalah subsitem ini. Berdasark an hasil wawancara dengan pihak dari pabrik ini, aktifitas perawatan korektif hampir mencakup 80% dari total seluruh aktifitas perawatan. Oleh karena itu, pabrik ini membutuhkan maintenance task yang sesuai serta preventive maintenance yang optimal untuk masing - masing subsistemnya. Penentuan maintenance task yang sesuai dapat dilakukan dengan menggunakan metode RCM. Berdasarkan identifikasi dengan menggunakan RCM, didapatkan disimpulkan 3 kebijakan untuk seluruh komponen unit subsistem produksi. Ini mencakup Scheduled Restoration Task, Scheduled Discard Task , dan Scheduled On - Condition Tas k. Dari keseluruhan kebijakan tersebut, dengan menggunakan metode yang sama dapat pula dicari lama waktu interval yang optimal untuk melakukan masing - masing kebijakan perawatan. Metode Reliability Centered Maintenance digunak an untuk melakukan perancangan kegiatan perawatan optimal yang bertujuan menghasilkan kegiatan perawatan yang efektif dan efisien. Efektif berdasarkan kesesuaian kegiatan perawatan dengan karakteristik kerusakan sedangkan efisien berdasarkan pada total bia ya perawatan yang dikeluarkan. Perhitungan kebutuhan spare parts dilakukan untuk mendukung kegiatan preventive maintenance yang efektif dan efisien dengan menjamin ketersediaan spare parts sesuai dengan usia pakainya atau sebelum komponen itu mengalami keg agalan. Spare parts dibagi ke dalam dua jenis sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan terhadap komponen yang bersangkutan, yaitu spare parts repairable dan spare parts non - repairableKATA KUNCI: Reliability Centered Maintenance, Spare Parts, Preventiv e MaintenanceABSTRACT: PT Kansai Prakarsa Coatings is manufacturing industry specializing in resin and emulsion paint product. One of product from this plant is Resin. PT. KPC had 4 units of processing to produce resin with its several su pporting subsystem. According to historical data ranged from 2009 till 2012, those subsystems has been having interference, that can disturb the process activities. The malfunction of a subsystem can lead to significant number of downtime. The research con ducted focus to solve this subsystem problem. From interview with authority from this plant, corrective maintenance activity took almost 80% of all maintenance activity. Therefore, the plant need right maintenance task with optimal preventive maintenance i nterval to this production unit subsystems. Determining the right maintenance task can be done by using RCM method. According to identification using RCM, concluded 4 policies for all production unit subsystems component. This consist of Scheduled Restorat ion Task, Scheduled Discard Task, Scheduled On - Condition Task, and Failure Finding Task. By using Reliability Centered Maintenance to design optimal treatment activities that has purposed at generating effective and efficient activities maintenance. Effectiveness of maintenance activities is based on conformity with the characteristics of damage while efficiency is based on the total cost of treatment incurred . Calculation of spare parts is done to support preventive maintenance activities effectivel y and efficiently to ensure the availability of spare parts in accordance with its life span or before the component fails . Spare parts are divided into two types according the action to be taken to its components, which is repairable spare parts and non - repairable spare parts.KEYWORD: eliability Centered Maintenance, Spare Parts, Preventive Maintenance

Subjek

PLANT MANAGEMENT
 

Katalog

PERANCANGAN STRATEGI PERAWATAN DAN PENGADAAN KOMPONEN KRITIS PADA RESIN PLANT BAGIAN PROCESSING BERBASIS RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE ( RCM ) MENGGUNAKAN SOF T WARE RELIASOFT (STUDI KASUS: PT KANSAI PRAKARSA COATINGS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YULIANA FAUZIAH
Perorangan
Sutrisno , Judi Alhilman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini