ABSTRAKSI: Usaha Kecil Menengah ( UKM ) di Indonesia memegang peranan penting dalam memajukan pere konomian. UKM merupakan sektor industri yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat. Salah satu UKM yang bergerak dalam usaha pengembangan hasil olahan pertanian adalah UKM Koperasi Wanita Tani Binangkit . UKM Binangkit bergerak dalam sektor per tanian dan olahan hasil pertanian di ka is an Ciwidey, Kabupaten Bandung. UKM Binangkit mengembangkan sektor pertanian untuk komoditas hortikultura serta mengembangkan produk olahan palawija.
Produk Stik Jagung Keju Kencana Mas merupakan salah satu produk un ggulan dari UKM Binangkit . Akan tetapi jumlah permintaan akan produk ini belum mencapai target yang diharapkan. Kemudian dilakukan survei pendahuluan yang dilakukan kepada masyarakat Bandung yang berusia 16 - 26 tahun . Adanya keluhan dan rendahnya tingkat ke puasan pelanggan terhadap produk menunjukan bahwa UKM Binangkit perlu berupaya meningkatkan kualitas produk Stik Jagung Keju Kencana Mas agar dapat bersaing di pasar serta diminati oleh pelanggan. Hal inilah yang melatarbelakangi penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut produk Stik Jagung Keju Kencana Mas menggunakan metode kualitas produk sehingga perusahaan mengetahui prioritas kebutuhan pelanggan untuk peningkatan kualitas produk. Hubungan antara kepuasan dan upaya pemenuha nnya diukur menggunakan Important - Performance Analysis . Sehingga akan didapatkan atribut kebutuhan yang perlu dipertahankan maupun ditingkatkan oleh UKM Binangkit . Berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan dan pengategorian didapatkan 15 atribut kebutu han menggunakan metode kualitas produk. Dari 15 atribut tersebut, didapatkan delapan atribut yang perlu di tingkat kan dan dua atribut yang dipertahankan.
Perumusan rekomendasi disusun berdasarkan hasil pengolahan data, analisis data, serta hasil benchmark in g dari Stik Keju Prima Rasa dengan tujuan untuk men ingkatkan kualitas produk Stik Jagung Keju Kencana Mas . Atribut yang harus di tingkatkan adalah stik jagung mempunyai daya tahan yang lama, rasa jagung yang kuat pada stik jagung , warna stik jagung menarik, kejelasan penulisan informasi produk pada kemasan, harmonisasi perpaduan warna pada kemasan, bentuk kemasan unik, merek stik jagung mudah diingat, serta ketersediaan stik jagung di berbagai outlet . Atribut yang harus dipertahankan adalah stik jagung memen uhi persyaratan pangan industri rumah tangga dan stik jagung tidak menggunakan bahan pengawet makanan.KATA KUNCI: Stik Jagung Keju, Important - Performance Analysis , Kualitas Produk , UKM .ABSTRACT: Small and Medium Enterprise (SME) in Indonesia played an important role in advancing the economy. The SME is an industry sector that is directly related to the interests of the communi ty. One of SME engaged in the development of a gricultural processed products i s SME Binangkit Ciwidey Women Farmers Group. SME Binangkit is engaged in the agricultural sector and processed agricultural products in the Ciwidey, Bandung R egency. SME Binangki t developing agriculture sector to horticulture commodities and developing of processed products crops.
Kencana Mas Corn Cheese Stick is one superior products of SME Binangkit . But the demand for this product has not reached the target expected. Then will be preliminary survey conducted to people in Bandung who has the average age of 16 - 26 years old. The complaint and low levels of customer satisfaction to products showed that SME Binangkit need s to improve product quality of Kencana Mas Corn Cheese Stick a s one snack products that c an compete in the market and preferred by customers. This is what background of this research.
This research aim ed to identify the product attributes of Kencana Mas Corn Cheese Stick by using quality products so that companies kn o w the priority needs of customers for product quality improvement. The relationship between satisfaction and compliance efforts are measured by using the Important - Performance Analysis. So that will be obtained attributes that need to be maintained and ne eds improved by SME Binangkit . Based on the measurement results and the satisfaction level of 15 attributes the categorization obtained by using product quality requirements method . Of the 15 attributes, obtained eight attributes need ed to be improved and two attributes are maintained .
Formulation of recommendations based on rigorous data processing, data analysis , and results of benchmarking from Prima Rasa relevant to develop quality products of Kencana Mas Corn Cheese Stick . Attributes that must be impr oved are t he long durability of corn cheese stick , t he strong of corn flavor in corn cheese stick , t he attractive color of corn cheese stick , t he clearliness of the letter on the packaging , t he harmonization of the color mixing on the packaging , t he unique shape of packaging , t he brand of corn cheese stick is easy to remember , t he availability of corn cheese stick in many outlets . Attributes that might be maintained are t he corn cheese stick already meets the household food industry certification specificat ions and t he corn cheese stick does not use the food preservative .KEYWORD: C orn Cheese Stick, Important - Performance Analysis, Quality Products , SME .