IMPLEMENTASI FUZZY QUERY MENGGUNAKAN PRUF (POSSIBILITY RELATIONAL UNIVERSAL FUZZY) STUDI KASUS: CUSTOMER COMPLAINT PT. TELKOMSEL REGIONAL III JABOTABEK FUZZY QUERY IMPLEMENTATION USING PRUF (POSSIBILITY RELATIONAL UNIVERSAL FUZZY) STUDY CASE: PT. TELKOMSE

DANY ROCHMANA

Informasi Dasar

58 kali
113010125
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam proses pengambilan keputusan, manajer memerlukan informasi yang akurat dan aktual, informasi semacam ini bisa didapatkan dengan mengakses langsung basis data yang berkaitan. Salah satu kesulitannya selain dalam hal penguasaan SQL yang merupakan bahasa standar akses basis data ditambah dengan adanya kesulitan untuk menentukan informasi yang berasal dari beberapa sumber (Source).
Pada tugas akhir ini akan dibangun sebuah alat bantu untuk akses data base dengan menggunakan bahasa semi alami dan sebuah tool untuk mengetahui informasi performansi layanan area yang dipengaruhi oleh berbagai aspek, dengan pendekatan logika fuzzy dan PRUF (Possibility Relational Universal Fuzzy), yaitu konsep untuk memetakan nilai tegas ke dalam nilai yang lebih smooth atau fleksibel. Aplikasi ini dibuat dengan kasus basis data Customer Complaint PT. Telkomsel, yang memiliki 16 indikator seperti SSS, VAS, BSS dan Paket data. Contoh query user yang menggunakan bahasa semi alami adalah : “is Bogor has high SMS Complaint” atau ”Is Bekasi Coverable”
Penggunaan konsep fuzzy dan PRUF ini akan lebih merepresentasikan keadaan/nilai yang lebih akurat, karena pada perhitungan fuzzy, dilibatkan faktor kondisi perangkat, berbeda dengan perhitungan manual yang hanya menggunakan teknik rataan.
Antar muka akses basis data yang fleksibel ini akan digunakan oleh manajer sebagai salah satu alat bantu dalam proses pengambilan keputusan.Kata Kunci : logika fuzzy, antar muka fleksibel, fuzzy adverb, bahasa semi alamiABSTRACT: In a decision making process, managers need some actual and accurate information, this kind of information can be reach by accessed the corresponding data base directly. The problem is the ability to understand the SQL since it was a standard language to access the data base. Plus difficulty to get an information which it has many sources.
This final work will build a database access software using pseudo natural language and a tool for access the area service performance information which it was caused by many aspect, with fuzzy logic and PRUF (Possibility Relational Universal Fuzzy) approach that trasform the crisp set values into smoother linguistic values or flexible values.The study case is PT. Telkomsel’s Customer Complaint which has many indicator such as SSS, VAS, BSS and Data Packet complaint. The example query can be: “is Bogor has high SMS Complaint?” or ”Is Bekasi Coverable?”
With Fuzzy and PRUF concept, it will be more representative with the real condition and also more accurate, because in the fuzzy way, there is another factor that involved into the calculation, such as the device condition, different with the conventional calculation which it only calculate tehe amount of compalint using statistic mean.
The flexible query interface for data base access will use by managers to support their decision making processes.Keyword: fuzzy logic, flexible interface, fuzzy adverb, pseudo natural language.

Subjek

other
 

Katalog

IMPLEMENTASI FUZZY QUERY MENGGUNAKAN PRUF (POSSIBILITY RELATIONAL UNIVERSAL FUZZY) STUDI KASUS: CUSTOMER COMPLAINT PT. TELKOMSEL REGIONAL III JABOTABEK FUZZY QUERY IMPLEMENTATION USING PRUF (POSSIBILITY RELATIONAL UNIVERSAL FUZZY) STUDY CASE: PT. TELKOMSE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DANY ROCHMANA
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini