SISTEM PENENTUAN AKREDITASI LEMBAGA<br /> BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN<br /> METODE FUZZY LOGIC<br /> Accreditation System for Guiding of Learning Institutions<br /> Using Fuzzy Logic Method

NANIK RAMINI

Informasi Dasar

162 kali
113020055
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tingkat persaingan siswa-siswi SD, SMP, maupun SMA di Daerah
Istimewa Yogyakarta di bidang pendidikan sangat ketat. Di kota yang notabene
dikenal dengan sebutan “Kota Pelajar” ini Lembaga Bimbingan Belajar tumbuh
menjamur di pelbagai pelosok daerah demi menunjang tuntutan persaingan.
Namun, saat ini belum terdapat suatu sistem yang menangani penilaian akreditasi
terhadap Lembaga Bimbingan Belajar tersebut.
Dalam Tugas Akhir ini telah dibuat sebuah sistem penentuan akreditasi
Lembaga Bimbingan Belajar. User dari sistem ini adalah pihak Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan penanganan kursus, yaitu HIPKI (Himpunan Penyelenggara
Kursus Indonesia). Dengan akreditasi yang dilakukan tiga tahun sekali ini
diharapkan dapat membantu memberikan rekomendasi siswa dalam memilih
Lembaga Bimbingan Belajar mana yang yang akan diikuti baik level SD, SMP,
maupun SMA. Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah Fuzzy Logic.
Data mentah yang didapatkan kemudian dianalisis dan diolah menjadi sebuah
value yang dapat dijadikan sebagai inputan pada fuzzy sistem. Nilai input tersebut
kemudian akan diproses sehingga menghasilkan output berupa nilai akreditasi
level SD, SMP, maupun SMA dari suatu Lembaga Bimbingan Belajar.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, sistem ini dapat memberikan
rekomendasi keputusan nilai akreditasi dari suatu Lembaga Bimbingan Belajar
yang valid karena sesuai dengan hasil runut balik pada hasil proses fuzzification,
rule evaluation , dan defuzzification yang telah dilakukan serta sama dengan
perhitungan yang dilakukan secara manual. Sistem juga dapat dikatakan layak.
Berdasarkan hasil analisis kepuasan user yang meliputi analisis tingkat kesulitan,
tingkat kebutuhan, tingkat bantu, tingkat fungsionalitas, dan tingkat kepuasan
akan sistem, Siskra Bimbel memiliki tanggapan yang baik oleh user, dibuktikan
oleh hasil skor 0.78 (dari skala maksimal 1).Kata Kunci : Fuzzy Logic, Lembaga Bimbingan Belajar, akreditasi.ABSTRACT: Competition between the students of Elementary School, Junior High
School, and Senior High School in education run very fast. In the city that called
“Kota Pelajar”, Guiding Learning In stitution have been growth in every places in
supporting this education competition.
An Accreditation System for Guiding of Learning Institutions which is
built in this Final project will be used by HIPKI (Himpunan Penyelenggara
Kursus Indonesia) in determining the accreditation of Guiding of Learning
institutions, once in three years for each level: Elementary School, Junior High
School, and Senior High School. Fuzzy Logic is the method that used in this
system to determine the accreditations result. First we have to convert the
qualitative and quantitative data to a quantitative data that will be inputed to the
fuzzy system. And then we will get the output result, that is the accreditation’s
value for Elementary School, Junior High School, or Senior High School from a
Guiding Learning Institution.
From the testing, system could give a valid recomendation of
accreditation’s value. It based on back tracking testing of output result using
fuzzification, rule evaluation, and defuzzification . Also using manual method, it
gave the same result. The last polling has given to the respondens and the result is
0.78 (maximum 1) said their satisfying about using this system.Keyword: Fuzzy Logic, Guiding Learning Institution, accreditation.

Subjek

other
 

Katalog

SISTEM PENENTUAN AKREDITASI LEMBAGA
BIMBINGAN BELAJAR MENGGUNAKAN
METODE FUZZY LOGIC
Accreditation System for Guiding of Learning Institutions
Using Fuzzy Logic Method
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NANIK RAMINI
Perorangan
Mahmud Imrona, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini