Penggunaan Metode Fuzzy c-Covering Untuk Market basket Analysis Pada Supermarket (Studi Kasus Toko Retail Tampi) Using Fuzzy c-Covering Method For Market Basket Analysis In Supermarket (Case Analsysis Tampi Retail Store)

Feddy Lazuardi

Informasi Dasar

118 kali
113020190
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam data mining terdapat salah satu aplikasi untuk memudahkan proses pengambilan keputusan yang digunakan untuk menganalisis data penjualan dari suatu perusahaan. Proses tersebut dinamakan Market Basket Analysis. Proses ini menganalisa kebiasaan konsumen dengan menemukan asosiasi antar item-item yang berbeda yang diletakkan konsumen di dalam shopping basket.
Di dalam paper berjudul ” Penggunaan Metode Fuzzy c-Covering Untuk Market Basket Analysis Pada Supermarket (studi kasus toko retail Tampi)” ini, diimplementasikan perangkat lunak untuk mencari asosiasi antar item-item yang berbeda-beda. Analisa yang dilakukan berfokus kepada waktu pada saat perhitungan kandidat dan pembangkitan rule, keakurasian rule, pengaruh support dan confidence terhadap rule dan validitas rule.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa perhitungan pada saat kandidat rule lebih lama daripada perhitungan pada saat pembangkitan rule.
Pada saat melihat pola pengaruh support dan confidence terhadap rule, bahwa support dan confidence mempengaruhi rule.
Perangkat lunak ini lebih baik digunakan per minggu. Karena tingkat keakurasiannya lebih baik daripada per 2 minggu dan juga per bulan.
Perhitungan menggunakan perangkat lunak dan hasil perhitungan manual menghasilkan rule yang sama.Kata Kunci : Data mining, Fuzzy c-Covering, Support, Confidence, MarketABSTRACT: In Data Mining there’s one of applications for taking a decision which is used to analyze sales data in a company. This process analyzes consumer’s habit with finding the association between different items which are by the consumer into shopping basket.
In this paper was entitled “Using fuzzy c-Covering For Market Basket Analysis In Supermarket (Case Analysis Tampi Retail Store)”, was implemented by software to find the Association between different items. The Analysis which is done is focused on the time at candidate calculation and generated calculation rule. Accurates rule, support influences and confidence of rule and rule validity.
According to this research, we could get important matter that the calculation when the candidate of rule takes more time than the calculation whenever the rule being generated. When we see the pattern influence support and confidence against rule, that support and confidence influence rule. This software better used by weekly, cause accuration performance is better than by using of twice week or monthly. The calculate taking software an result of manual calculation accomphlised a same rule.Keyword: Data Mining, Fuzzy c-Covering, Support, Confidence, Market

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Penggunaan Metode Fuzzy c-Covering Untuk Market basket Analysis Pada Supermarket (Studi Kasus Toko Retail Tampi) Using Fuzzy c-Covering Method For Market Basket Analysis In Supermarket (Case Analsysis Tampi Retail Store)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Feddy Lazuardi
Perorangan
Ibu Retno Novi D, SSi., Tjokorda Agung Budi Wirayuda
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini