SISTEM PENGURAIAN KALIMAT BERDASARKAN ATURAN SINTAKS BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN LINGUISTIC STRING ANALYSIS

WAHYU MUHAMMAD IQBAL

Informasi Dasar

113020228
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Bahasa merupakan unsur terpenting dalam berkomunikasi dengan sesama manusia. Dalam bahasa terkandung ilmu pengetahuan dari satu generasi ke generasi lainnya yang berbentuk tulisan. Oleh karena itu, munculah ide untuk membuat perangkat lunak yang dapat membantu dalam menguraikan struktur kalimat.
Pengembangan perangkat lunak pada tugas akhir ini menggunakan pendekatan Linguistic String Analysis (LSA) dengan menggunakan aturan produksi BNF dan Visual Basic .NET sebagai bahasa pemrogramannya.
Dari hasil pengujian, tingkat keberhasilan dalam menguraikan kalimat dengan benar, cukup baik. Akan tetapi masih terdapat kalimat yang tidak bisa diuraikan. Hal ini disebabkan oleh, aturan kalimat yang belum sempurna dan kamus kata yang masih kurang lengkap.Kata Kunci : bahasa, menguraikan, BNF, Linguistic String AnalysisABSTRACT: Language is important element in communicating with people. In Ianguage consist of several knowledges from one generation to other generation which in form of article. Because of that, the idea is to make software that can help elaborating sentence structure.
The application is developed using Linguistic String Analysis (LSA) with BNF rule and Visual Basic .NET as the programming language.
From result of examination, mount efficacy in elaborating sentence with true condition, is good enough. However there still are sentence which cannot be elaborated. This matter because of, sentence rule are not perfect and word dictionary is still less completed.Keyword: language, elaborating, BNF, Linguistic String Analysis

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

SISTEM PENGURAIAN KALIMAT BERDASARKAN ATURAN SINTAKS BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN LINGUISTIC STRING ANALYSIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WAHYU MUHAMMAD IQBAL
Perorangan
Dhinta Darmantoro, DYAS PUSPANDARI SS.MPD.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini