Desain Ulang Proses Bisnis Perusahaan Franchise Kebab Turki Babarafi dengan metode Business Process Improvement (BPI) Redesign Business Process of Kebab Turki Babarafi Franchising with Business Process Improvement (BPI) Method

Andika Bayu Herbowo

Informasi Dasar

142 kali
113030149
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: PT. Kebab Turki Baba Rafi adalah perusahaan waralaba makanan Timur Tengah cepat saji yang sedang berkembang. Karena sistem usaha nya adalah waralaba, maka proses bisnis dari pusat harus berjalan dengan baik. Terutama yang berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap pihak Franchisee. Tahun 2008, perusahaan ini sudah mulai Go Internasional. Dengan pertumbuhan yang cukup pesat, proses bisnis dalam perusahaan masih kurang efisien dan masih parsial. Karena dilakukan secara parsial, data-data administrasi tidak terintegrasi dengan baik, sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan informasi dari data-data tersebut.
Penulis akan melakukan improvement terhadap proses bisnis perusahaan dengan menggunakan metode Business Process Improvement. Sehingga efisiensi dari proses bisnis perusahaan dapat meningkat dan data-data administrasi perusahaan dapat terintegrasi dengan baik.
Salah satu hasil analisa dari proses bisnis existing adalah melakukan otomatisasi (tool dari streamlining BPI) dengan membangun suatu perangkat lunak “Sistem Informasi Kebab Turki Baba Rafi”.
Aplikasi Sistem Informasi Kebab Turki Baba Rafi, dapat meningkatkan efisiensi dari proses bisnis perusahaan sebesar 0,16 (dari 0,62 menjadi 0,78). Aktivitas bisnis pun berkurang sebanyak 13 aktivitas (dari 50 aktivitas menjadi 37 aktivitas). Selain itu, data-data administrasi perusahaan dapat terintegrasi. Sehingga tidak diperlukan waktu yang lama untuk mendapatkan suatu informasi.
Kata Kunci : Business Process Improvement (BPI), streamlining, Franchisee,ABSTRACT: Kebab Turki Baba Rafi is a franchise Middle-East fastfood company which is growing. Because the the trade system is franchise , so its business process from central must working well. Especially directly connect with service to Franchisee side. In 2008, this company have been going international. With rapid growth, this company’s business process is still unefficient and partial. Due to it has been done partially, the administration data don’t intergrate well, so taking much time for getting information from those data.
Author will do improvement to business process company by Business Process Improvement method. Until efficiency from business process can be improved and those administration data company can be well -intergrated .
One analyzing result of existing business process is doing automatization (one of streamlining BPI). It is developing a software “ Kebab Turki Baba Rafi Information System “.
Kebab Turki Baba Rafi Information System application can improve efficiency of process business company 0,16 (from 0,62 to 0,78). Business activities are lessen from 13 activities (from 50 activities to 37 activities). Furthermore, the administration data company can be intergrated. So needless much time to get an information.Keyword: Business Process Improvement (BPI), streamlining, Franchisee,

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Desain Ulang Proses Bisnis Perusahaan Franchise Kebab Turki Babarafi dengan metode Business Process Improvement (BPI) Redesign Business Process of Kebab Turki Babarafi Franchising with Business Process Improvement (BPI) Method
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andika Bayu Herbowo
Perorangan
Sri Widowati, Sri Widaningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini