Implementasi Steganografi Pada Media Video Dengan Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT)

R. Firman Hidayatullah

Informasi Dasar

113030232
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kemudahan dalam mengakses, menyalin, memanipulasi sekaligus mendistribusikan data digital (teks, gambar, suara, video dan lainnya) tidak saja dimanfaatkan untuk kepentingan yang positif, namun juga dalam hal yang negatif. Untuk itu diperlukan suatu cara pengamanan untuk melindungi informasi yang sifatnya rahasia, salah satunya dengan steganografi. Dengan steganografi kita hanya perlu menyembunyikan suatu data ke dalam media lain. Kebutuhan penyembunyian data dalam jumlah besar dan teknik penyembunyian yang tangguh membutuhkan media pembawa yang cukup besar dan teknik yang tangguh pula. Maka pemilihan video sebagai media steganografi merupakan langkah yang tepat.
Dalam tugas akhir ini diimplementasikan steganografi pada video jenis AVI uncompressed dengan menggunakan FFT sebagai metode transformasinya. FFT mengubah byte data dari domain spatial ke domain frekuensi yang selanjutnya dilakukan modifikasi dengan penambahan byte-byte data yang akan disisipkan. Hal ini dilakukan agar perubahan yang dilakukan tidak terlalu terlihat dengan memanfaatkan keterbatasan penglihatan manusia. Pengujian dilakukan untuk melihat kualitas video stego berdasar nilai MSE dan PSNR, sisi ketahanan, dan juga tingkat validitas data hasil ekstraksi.
Dari hasil pengujian diperoleh kualitas video stego memiliki kualitas yang baik. Selain itu tingkat validitas mencapai 100%, artinya data ekstraksi sama persis dengan data aslinya. Namun dari sisi ketahanan, video stego yang dihasilkan dikategorikan fragile, karena tidak tahan terhadap gangguan seperti pengubahan wadah penampung.
Kata Kunci : steganography, video, FFTABSTRACT: The easy way for accessing, copying, manipulating, and distributing digital data (text, image, voice, video, etc) does not for a good purpose only, but also for the bad thing. For that reason, there is the way to protect a secret information, one of them is steganography. With steganography we just concealing data to another media. A needs to conceal large data in a good technique can be accomoted by video steganography which is video as a media carrier.
This final project implements steganography in AVI uncompressed by using FFT as transformation method. FFT will change byte of data from spatial domain to frequency domain, then modifiy with addition bytes of data hiding. FFT is used in order to alteration that happened not seen by take advantage limitation of human visual system. The examination purpose is to observe the quality of video stego based on MSE and PSNR, robustness, and the validity of extracted data.
From examination result obtained a good quality of video stego. Besides that, the validity reached 100%, it means extracted data same as original data. Nevertheless, in the robustness can be concluded that the result can be categorized as fragile because does not resist against converting file format.
Keyword: Steganography, video, FFT

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Implementasi Steganografi Pada Media Video Dengan Menggunakan Metode Fast Fourier Transform (FFT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

R. Firman Hidayatullah
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Rimba Widhiana Ciptasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini