ABSTRAKSI: Search engine dalam aktifitas online sudah menjadi kebutuhan dalam mencari informasi di Internet. Sehingga kunjungan pengguna Internet ke situs search engine setiap harinya begitu banyak. Search Engine Optimization (SEO) merupakan proses yang dilakukan untuk menaikkan jumlah pengunjung pada suatu situs/website melalui search engine dengan melalui pencarian normal. Dalam Search Engine Optimization (SEO), penggunaan keyword untuk dioptimasikan masih bersifat random dan hanya mengikuti tren bulanan. Hal ini akan sangat tidak sesuai dengan website-website yang memiliki 1 tema yang khusus, dimana tren bulanan tidak selalu sesuai dengan tema yang diangkat. Keyword Effectiveness Index (KEI) dan Keyword Opportunity Index (KOI) merupakan salah satu metode yang dapat mengatasi masalah yang dijabarkan diatas. Keyword Effectiveness Index (KEI) dan Keyword Opportunity Index (KOI) merupakan nilai prediksi keyword yang akan mengefektifkan tingkat penggunaan SEO pada sebuah website yang memiliki 1 tema. Dengan mengetahui nilai KEI dan KOI sebuah keyword, maka penggunaan keyword untuk optimasi SEO tidak tergantung pada tren bulanan yang tidak sesuai tema sebuah website. Sehingga diharapkan akan memberikan efek terhadap perubahan trafik kunjungan website yang bertema. Tugas akhir ini menganalisis dan mengimplementasikan Keyword Effectiveness Index (KEI) dan Keyword Opportunity Index (KOI) pada Search Engine Optimization (SEO) dengan diawali proses pencarian nilai keyword yang sesuai dengan tema website kemudian diproses nilai KEI dan KOI nya. Dari hasil pengurutan berdasarkan nilai KEI dan KOI keyword tersebut, kemudian diterapkan pada aktivitas SEO berupa Onpage Optimization dan Offpage Optimization. Hasil tugas akhir ini adalah studi analisis bagaimana Keyword Effectiveness Index (KEI) dan Keyword Opportunity Index (KOI) diterapkan pada Search Engine Optimization (SEO) memiliki pengaruh terhadap perubahan trafik suatu website yang memiliki 1 tema.Kata Kunci : SEO, KEI, KOI, onpage optimization, offpage optimization, keywordABSTRACT: Search engine in online activity is becoming a necessity for gaining information. As consequence, Internet user for search engine is getting much bigger each day resulting indexed website properly by search engine. Search Engine Optimization (SEO) is a process that is conducted to increase the number of visitor on such website through normal searching in search engine. In Search Engine Optimization (SEO), the use of optimized keyword is still random and pursuing for monthly trend. This is clash with website that having 1 certain theme, in which monthly trend is not always match with the theme. Keyword Effectiveness Index (KEI) and Keyword Opportunity Index (KOI) is grade for keyword prediction which will maximize the use for SEO in themed website. By identifying KEI and KOI value of a keyword, thus keyword usage for SEO optimization is not rely on unrelated theme of monthly trend. This is expected in affecting visiting traffic change of themed website. This Final assignment is analyzing and implementing Keyword Effectiveness Index (KEI) and Keyword Opportunity Index (KOI) for Search Engine Optimization (SEO) which is initialized by related keyword value searching with theme of website and then KEI and KOI value processing. Only by the result of ordering KEI and KOI keyword value, then implementing SEO activity such as Onpage Optimization and Offpage Optimization. The result of this final assignment is an analysis study on how Keyword Effectiveness Index (KEI) and Keyword Opportunity Index (KOI) implemented in Search Engine Optimization (SEO) will impact on traffic change of one themed website.Keyword: SEO, KEI, KOI, onpage optimization, offpage optimization, keyword