ABSTRAKSI: HSDPA menambahkan beberapa teknik baru pada implementasinya yang dapat menyediakan layanan lebih cepat daripada UMTS yaitu, fast link adaptation, HARQ (Hybrid Auto Repeat Request), dan AMC (Adaptive Modulation and Coding). HSDPA juga memperkenalkan distributed architecture yang lebih baik pada node-B (base station) untuk menangani transfer data sehingga dapat menangani fast scheduling dan fast retransmission. Layanan data dalam HSDPA menggunakan TCP sebagai protokol transport-nya.
Awalnya TCP didesain untuk media kabel, tetapi pada HSDPA terdapat media udara yang bersifat tidak stabil. Berbagai macam variasi TCP dibuat untuk menghasilkan performansi yang lebih baik dari pendahulunya. Dalam tugas akhir ini dibandingkan performansi TCP New Reno dan TCP Vegas pada jaringan HSDPA dengan menvariasikan window (5, 10, 15, 20, 25, dan 30) dan packet size (500, 750, 1000, 1250 dan 1500). Performansi TCP dilihat dari segi throughput, packet loss, dan end to end delay-nya.
Hasil yang didapatkan dalam simulasi ini adalah TCP Vegas mempunyai performansi yang lebih bagus dari pada TCP New Reno, TCP Vegas menghasilkan throughput yang lebih besar, packet loss yang lebih kecil, dan delay yang lebih kecil. Tetapi dengan meningkatkan error model yang menyebabkan packet loss lebih besar, TCP New Reno dapat menunjukkan performansi yang lebih baik dibandingkan TCP VegasKata Kunci : HSDPA, TCP New Reno, TCP Vegas,ABSTRACT: HSDPA adds several new techniques in its implementation that can provide faster service than UMTS, which are fast link adaptation, HARQ (Hybrid Auto Repeat Request), and AMC (Adaptive Modulation and Coding). HSDPA also introduces better distributed architecture in the node-B (base station) for handling data transfer so that it can handle fast scheduling and fast retransmission. Data service in HSDPA uses TCP as its transport protocol.
At the beginning, TCP was designed for wired media, but at HSDPA there is air medium which is not stable. Various kinds of TCP variations are made to produce better performance than its predecessor. In this final project, performance of TCP New Reno and TCP Vegas are compared in HSDPA network by varying the windows (5, 10, 15, 20, 25, and 30) and packet sizes (500, 750, 1000, 1250, and 1500). TCP performance is seen in terms of its throughput, packet loss, and end to end delay.
Results obtained in this simulation are TCP Vegas has a better performance than TCP New Reno, TCP Vegas produces greater throughput, smaller pocket loss, and smaller delay than TCP New Reno does. But by increasing error model that causes bigger packet loss, TCP New Reno can show better performance than TCP Vegas does.Keyword: HSDPA, TCP New Reno, TCP Vegas