STEGANALISIS PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MACROSCOPIC QUANTITY PADA STEGANOGRAFI OUTGUESS

RIKA PUSTIKAWATI WINDRIASARI

Informasi Dasar

113058021
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Data rahasia dapat disembunyikan pada media digital, seperti citra, audio dan video, teknik seperti ini disebut dengan steganogarafi. Steganografi digital menggunakan media digital sebagai cover (pembungkus) yang disebut dengan cover-object. Pesan rahasia yang disembunyikan dapat berupa citra, suara, teks atau video. Media yang sudah berisi pesan rahasia ini dapat disebut dengan stegoobject. Pada umumnya cover-object dan stego-object tidak dapat dibedakan secara kasat mata, sehinga kita tidak menyadari bahwa di dalam suatu data digital terdapat pesan rahasia. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk mengawasi data digital, apakah terdapat pesan rahasia atau tidak.
Steganalisis merupakan suatu teknik untuk mengetahui apakah di dalam suatu objek terdapat pesan rahasia atau tidak. Dalam tugas akhir ini diimplementasikan steganalisis Macroscopic Quantity untuk mendeteksi steganografi OutGuess yang menggunakan metode transformasi DCT. Pesan rahasia berupa teks dengan panjang 5% sampai 100% disisipkan pada citra digital berformat BMP dan JPEG 24-bit.
Dari pengujian diperoleh hasil bahwa teknik steganalisis dapat mencapai tingkat kesalahan sebesar 0% atau dengan kata lain estimasi pesan rahasia adalah 100%.
Kata Kunci : Kata Kunci : steganalisis, steganografi, DCT, cover-object, stego-object.ABSTRACT: Secret Data can be hidden in digital media, like image, audio and video, this method is called steganography. Digital steganography using digital media as cover that is called cover-object. Secret message can be used for embedding are image, audio, text or video. Media that contained a secret message are called stego-object. Generally, cover-object and stego-object are indistinguishable, we are not realizing that the existance of secret message in digital data is unknown. So, we need a way to monitor data digital, whether contained secret message or not.
Steganalysis is a method to find out whether in an object contained secret message or not. In this final project is implements steganalysis Macroscopic Quantity to detection steganografi OutGuess with using DCT transform. 5% up to 100% secret message were inserted in image digital that used 24-bit BMP and JPEG.
From conducted examination, we get that steganalysis error value up to 0%, or length of estimation secret message is 100%.Keyword: steganalysis, steganography, DCT, cover-object, stego-object.

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

STEGANALISIS PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MACROSCOPIC QUANTITY PADA STEGANOGRAFI OUTGUESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIKA PUSTIKAWATI WINDRIASARI
Perorangan
Maman Abdurohman, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini