penerapan metode ant colony optimization untuk penjadwalan sidang tugas akhir (studi kasus : sidang tugas akhir s1 teknik informatika institut teknologi telkom)

purnawan widyanaputra

Informasi Dasar

113070151
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk mendapatkan gelar sarjana dari sebuah perguruan tinggi seorang mahasiswa harus menyelesaikan beberapa persyaratan, salah satu persyaratan tersebut adalah menyusun sebuah tugas akhir. Tugas akhir tersebut akan diujikan dalam sebuah sidang tugas akhir yang akan diuji oleh beberapa dosen. Dari banyaknya jumlah mahasiswa pada sebuah perguruan tinggi maka masalah penjadwalan sidang tugas akhir menjadi sebuah permasalahan rumit yang dihadapi oleh pihak perguruan tinggi. Beberapa masalah yang sering terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu jumlah judul tugas akhir yang terdaftar dalam satu periode sidang, jadwal dosen pembimbing, pemilihan dosen penguji yang tepat untuk tugas akhir yang akan disidangkan, jadwal dosen penguji, dan slot waktu dan ruang yang tersedia. Dalam tugas akhir kali ini akan digunakan Ant Colony Optimization untuk menjadwalkan sidang tugas akhir dalam beberapa periode sidang. Ant Colony Optimization akan merepresentasikan penjadwalan sebagai sebuah graf dan dalam metode ini satu semut akan menghasilkan satu solusi jadwal dari setiap iterasinya. Pengujian yang akan dilakukan pada metode ini adalah mencari parameter-parameter terbaik yaitu parameter α dan β untuk mendapatkan solusi yang optimal.Kata Kunci : penjadwalan sidang tugas akhir, ant colony optimization, graf, semut.ABSTRACT: To obtain a bachelor's degree from a college, a student must complete several requirements, one of these requirements is to develop a final project. The final project will be tested in a final trial that will be tested by several lecturers. From the large number of students at a university, then final assembly timetabling problem becomes a complex problem faced by the university. Some common problems are influenced by several factors, namely the number of final job titles listed in one period of the trial, scheduled lecturers, selection of the appropriate examiner for the final project to be tried, schedule the examiner, and the slot time and room available. In this final project this time will be used Ant Colony Optimization to schedule a final project in the trial period. Ant Colony Optimization will represent scheduling as a graph, and an ant in this method will result in a solution of each iteration schedule. The tests will be performed on this method is to find the best parameters α and β to obtain optimal solutions.Keyword: final assembly timetabling, ant colony optimization, graph, ant.

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

penerapan metode ant colony optimization untuk penjadwalan sidang tugas akhir (studi kasus : sidang tugas akhir s1 teknik informatika institut teknologi telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

purnawan widyanaputra
Perorangan
Bambang Pudjoatmodjo, Mahmud Dwi Suliiyo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini