ABSTRAKSI: Perangkat keras yang bersifat mobile semakin banyak bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Aplikasi mobile semakin banyak dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna perangkat mobile tersebut. Akan tetapi, masih banyak aplikasi mobile yang rancangan antarmukanya belum mendukung tingkat usability dari aplikasinya sendiri sehingga diperlukan metode tersendiri untuk merancang antarmuka dari sebuah aplikasi.
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil implementasi sebuah framework yang secara khusus dibuat untuk membantu perancangan antarmuka sebuah aplikasi mobile. Studi kasus yang diambil adalah antarmuka aplikasi ensiklopedi buah-buahan. Aplikasi yang sudah jadi akan diuji tingkat usabilitynya dengan menggunakan metode dari Carles Ferre.
Berdasarkan hasil pengumpulan data pengujian, penggunaan Adipat- Zhang Framework sebagai panduan untuk merancang antarmuka dapat menghasilkan aplikasi dengan usability yang tinggi.Kata Kunci : Mobile Application, Interface, Framework, Usability, AndroidABSTRACT: Mobile hardware is increasingly emerging as the rapid technological developments. More and more mobile applications are developed to meet the needs of mobile device users. However, many mobile applications do not support the level design interface usability of the application itself so required a separate method for designing the interface of an application.
This final project aims to evaluate the results of the implementation of a framework that is specifically designed to help design a mobile application interfaces. The case study is taken fruits encyclopedia application interface. Applications that have created will be tested for its level of usability by using the method of Carles Ferre.
Based on data collection, use of Adipat-Zhang Framework as a guide for designing an interface producean application with high usability.Keyword: Mobile Application, Interface, Framework, Usability, Android