ABSTRAKSI: Semakin berkembangnya teknologi harus diimbangi dengan kualitas sistem informasi yang baik. Oleh karena itu dibutuhkan standarisasi dan evaluasi sistem informasi bagi organisasi maupun perusahaan yang sedang mengembangkan teknologi. UPT SISFO sebagai unit yang menangani pembuatan aplikasi sistem informasi di IT Telkom, membutuhkan standar pengembangan aplikasi sistem informasi. Kemudian diusulkanlah standarisasi SPASI Telkom RDC, yang diharapkan dapat mengontrol kualitas produk-produk yang dihasilkan dan mengevaluasi kepuasan pengguna aplikasi.
Proses SPASI Telkom RDC yang menjadi fokus penelitian adalah proses testing dan implementation. Kesesuaian terhadap SPASI Telkom RDC akan dilihat dari seberapa jauh penerapan practices dan deliverables pada UPT SISFO IT Telkom. Selain itu juga dilakukan evaluasi terhadap kualitas kinerja aplikasi registrasi mahasiswa i-Gracias melalui kuesioner kepuasan end user. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna aplikasi adalah End User Computing Satisfaction yang diterapkan Doll dan Torzadeh dan implementasinya disesuaikan dengan variabel yang terdapat pada SPASI.
Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 100 responden membuktikan bahwa kepuasan end user secara keseluruhan berada pada kategori cukup puas. Selain itu analisis menggunakan Practice dan Documentation Implementation Indicator Description menghasilkan UPT SISFO telah sangat sesuai menjalankan 92.5% practices dan cukup sesuai dengan menjalankan 62.9% dokumentasi yang ada pada SPASI. Setelah itu disarankan usulan improvement bagi pengembangan program dan UPT SISFO.Kata Kunci : SPASI, End User Computing Satisfaction, kesesuaian, practices, deliverables.ABSTRACT: The continued development of technology must be balanced with good quality of information systems. Therefore it's required an evaluation of information systems for organizations and companies which developing technology. UPT SISFO as a unit in charge of making the application of information systems in IT Telkom, requires standard development of information systems applications. Standardization of SPASI Telkom RDC is suggested, which is expected to control the quality of products and evaluate the satisfaction of end user.
The main focus of SPASI Telkom RDC in this reasearch is testing and implementation. Fitness of SPASI Telkom RDC will be seen from how far SISFO IT Telkom implement practices and deliverables that have been documented. It also conducted an evaluation of the quality performance of student registration application i-Gracias through end user satisfaction questionnaire. The method used to evaluate user satisfaction is End User Computing Satisfaction from Doll and Torzadeh, and its implementation is tailored to the variables defined in SPASI.
The result which come from 100 respondents prove that overall end user satisfaction is in quite satisfied. In addition, analysis using Practice and Documentation Implementation Indicator Description give a result that UPT SISFO has been a great fit to implement 92.5% of practices ad quite fit to implement 62.9% of deliverables which is exist on SPASI. After recommendation improvement is suggested for program development and UPT SISFO.Keyword: SPASI, End User Computing Satisfaction, fitness, practices,deliverables.