Sistem Biometrik Multimodal berbasis Block Based Line Detection, Chain Code dan Dynamic Time Warping

Mohammad Zulfikar Reza Mufti

Informasi Dasar

113080148
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem biometrik adalah suatu sistem pengenalan yang menggunakan anggota tubuh penggunanya sebagai alat pengenal. Anggota tubuh yang dimaksudkan bisa berupa iris mata, sidik jari atau garis tangan tergantung dari sistem yang digunakan. Sistem hanya akan mengenali anggota tubuh dari penggunanya sehingga penyusup tidak bisa menggunakan anggota tubuh yang ia miliki untuk mengakses sistem. Salah satu dari kelebihan sistem biometrik adalah dimana keberadaan dari pengguna adalah hal yang mutlak untuk menggunakan sistem. Penggunaan sistem biometrik diantaranya adalah sebagai sistem absensi, sistem keamanan dan pada e-ktp.

Salah satu anggota tubuh yang dapat digunakan sebagai biometrik adalah telapak tangan. Pada telapak tangan terdapat dua bagian yang bisa dijadikan biometrik. Bagian pertama adalah garis tangan dan bagian kedua adalah bentuk tangan. Garis tangan pada orang yang berbeda cenderung memiliki perbedaan satu sama lain dan bentuknya tidak berubah banyak dalam waktu yang panjang. Bentuk tangan memiliki kecenderungan perbedaan ukuran dan panjang jari pada orang yang berbeda. Kedua ciri dapat digunakan secara bersamaan pada sistem biometrik multimodal.

Pada tugas akhir ini akan dilakukan implementasi sistem biometrik multimodal menggunakan garis tangan dan bentuk tangan. Garis tangan akan diproses menggunakan metode Block Based Line Detection dan bentuk tangan menggunakan metode Chain Code. Pengenalan terhadap ciri yang dihasilkan dilakukan dengan menggunakan metode Dynamic Time Warping. Hasil dari proses pengenalan akan dipakai untuk mengenali pemilik telapak tangan,Kata Kunci : biometrik, multimodal, garis tangan, bentuk tanganABSTRACT: Biometric system is a recognition system which uses its user body part as identifier. The mentioned body part could be an iris, finger print or palmprint depend on the system used. System will only recognize the body part from its users so intruders is unable to use their own body part. One of the advantages of biometric system is where existence of its user is necessary for the system to be used. The uses of biometric system for examples are attendance system, security system and e-ktp.

One of the body part that can be used as a biometric is palm. There is two part from palm that can be used as biometric. The first part is palmprint and the second part is hand geometry or hand shape. Palmprints from different persons have a tendency to be different from one another and palmprint change is slight in a long time. Hand shape have a tendency of size and finger length difference on different person. Both parts can be used at the same time in multimodal biometric systeml.

In this last assignment an implementation will be made on multimodal biometric system using palmprint and hand shape. Palm print will be processed using Block Based Line Detection method and hand shape will be processed using Chain Code method. Recognition on processed attributes will be done by using Dynamic Time Warping method. The result of recognition process will be used to recognize palm owner.Keyword: biometric, multimodal, palm print, hand geometry

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Sistem Biometrik Multimodal berbasis Block Based Line Detection, Chain Code dan Dynamic Time Warping
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mohammad Zulfikar Reza Mufti
Perorangan
Tjokorda Agung Budi Wirayuda, Febryanti hevanie
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini