Analisis Metode Ontologi Methontology Dalam Pembentukan Model Data Obat

Arief Budi Santoso

Informasi Dasar

113080151
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Banyak obat-obatan yang diberikan dokter kepada kita saat sakit. Kita hanya menerima tanpa menolak obat-obat tersebut dan meminumnya padahal kita tidak tahu apakah obat itu benar, gunanya untuk apa, dosisnya harus berapa. Dan dunia Internet pun kini terus berkembang pesat, orang-orang yang menggunakannya pun telah mengalami perubahan yaitu keinginan untuk mendapatkan semua data di dalam Internet. Dulu model data relational-lah yang menjadi tempat penyimpanan andalan untuk menyimpan berbagai data. Penyimpanan menggunakan hal ini merupakan cara penyimpanan yang umum dan sudah dikenal banyak orang. Namun, model data ini kadang kurang dinamis, memerlukan sebuah hardware baru jika adanya penambahan banyak data dan memakan waktu lama untuk me-retrieve sebuah data.

Kini telah dikenal dan terus dikembangkan dalam dunia model data, yaitu Ontology dimana menerapkan web semantic dalam penyimpanan datanya. Ontology merupakan satu cara baru dalam mempresentasikan informasi pengetahuan. Pembangunan Ontology ini menggunakan tahap-tahap di dalam metode Methontology dimana menggunakan sebuah domain informasi pengetahuan Obat. Data obat yang telah terbentuk menjadi sebuah data dalam model data Ontology ini akan menjadi beberapa hirarki dan akan diuji dalam hal kecepatan dan ketepatan pengaksesan data.

Pembuatan Ontology dengan metode Methontology ini menggunakan tools Protégé. Dimana pemahaman dan analisa akan berada dalam tahapan Methontology, sedangkan pada Protégé akan adanya pembangunan dan hirarki dari ontologi yang dibuat.Kata Kunci : Obat, Ontology, Methontology, ProtégéABSTRACT: Many drugs given to our doctor when sick. We only accept without rejecting drugs and drink it when we do not know whether that's true, good for anything, the dose should be how much. And the Internet world are now growing rapidly, the people who use them have also experienced to get all the data on the Internet. First relational data model who became the mainstay of storage space for storing various data. Storage using a storage method it is common and is known to many people. However, the data model is sometimes less dynamic, requiring a new hardware if the addition of more data and takes longer to retrieve the data.

Now been recognized and being developed in the data model, namely the semantic web ontology which implement the data storage. Ontology is a new way of presenting information knowledge. Ontology development is to use the steps in the method of using a domain Methontology where drug information knowledge. Drugs data that has formed into a data in the data model of this ontology will be become hierarchy and will be tested in terms of speed and accuracy of data access.

Ontology-making method is to use tools Methontology Protege. Where the understanding and analysis will be in stages Methontology, while the Protege will the development and the hierarchy of the ontology is created.Keyword: Drugs, Ontology, Methontology, Protégé

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Analisis Metode Ontologi Methontology Dalam Pembentukan Model Data Obat
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arief Budi Santoso
Perorangan
Suyanto, -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini