Prediksi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia dengan Menggunakan Fuzzy Time Series

Saka Pramudita

Informasi Dasar

113080194
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pariwisata merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari negara Indonesia. Berbagai tempat wisata tersebar diseluruh pulau Indonesia. Masing masing sudah memiliki nama yang cukup terkenal dimata dunia. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sangat menentukan devisa Negara Indonesia. Padatnya kunjungan wisatawan ke Indonesia harus disertai dengan fasilitas tempat wisata yang memadai serta keamanan yang terjamin. Beberapa pekerja wisatawan seperti pedagang batik dan lain sebagainya pernah berkata bahwa pada bulan Juli dan Agustus kemungkinan pembeli dari luar negeri akan ramai berdatangan, dengan begitu para pedagang tersebut memperbanyak stok dagangan mereka. Hal yang dilakukan pedagang tersebut adalah melakukan peramalan kunjungan berdasarkan pengalaman pedangang tersebut di tahun tahun sebelumnya.

Metode yang akan digunakan dalam prediksi jumlah kunjungan wisatawan pada penelitian adalah menggunakan Fuzzy Time Series. Metode ini menerapkan konsep fuzzy logic ke dalam data time series yang kemudian akan digunakan untuk membangun sebuah fuzzy logical relationship (FLR). FLR tersebut kemudian akan dikelompokan kedalam fuzzy logical relationship group (FLRG).

Pada penelitian tugas akhir ini akan dibahas seperti apa pengaruh dari jumlah interval yang digunakan dalam fuzzy time series terhadap hasil prediksi .Selain itu juga akan dianalisis bagaimana performansi fuzzy time series terhadap data dengan skala kecil dan data skala besar.Hasil akurasi yang didapat dari proses pengujian berkisar antar 87% hingga 89% terhadap data skala besar dan 95% hingga 99% terhadap data skala kecil.Kata Kunci : pariwisata, time series, fuzzy logic, fuzzy time series, fuzzyABSTRACT: Tourism is the most undeniable topic that cannot be saperated from Indonesia. There are lots of tourism board spreaded across the archipelago. Each has made their own name in the world. The number of tourist that visit Indonesia is important for Indonesia’s devisa. Mass traffic of tourists visited Indonesia must be provided with up to date facilities and safety guaranty. Some of the souvenir seller said that on July and August, the traffic of tourists will be crowded, so they need to restock their listing, What the merchants do are actually trying to forecasting the tourism by using their experience on the past years.

Method that will be used in this research is using fuzzy time series. This method applied fuzzy logic concept into time series data and then modeling fuzzy logical relationship (FLR). The list of FLR and then will be used to model fuzzy logical relationship group (FLRG).

This research will discuss what is the impact of number of interval using in fuzzy time series toward the prediction results. This research also discuss about the performance on small scale data and large scale data. The accuration of this research is between 87% to 89% on large scale data and 95% to 99% to small scale data.Keyword: tourism, time series, fuzzy logic, fuzzy time series, fuzzy logical

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Prediksi Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia dengan Menggunakan Fuzzy Time Series
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Saka Pramudita
Perorangan
Suyanto,
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini