ABSTRAKSI: Dalam dunia bisnis, memprediksi pendapatan mengenai sebuah produk menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi stakeholder perusahaan, karena dengan prediksi yang akurat, pihak perusahaan akan dapat mengelola sumber daya lebih efisien untuk mempersiapkan kebutuhan yang akan datang. Pada Tugas Akhir ini, hal yang ingin diprediksi adalah pendapatan penjualan film (revenue). Hasil percobaan ketika percobaan melakukan prediksi dengan hanya mengikutsertakan data historis revenue saja tidak mendapatkan hasil yang optimal. Secara naluriah seseorang yang ingin menonton film akan melihat review dari film tersebut dari penonton sebelumnya. Sehingga muncul ide untuk mengikutsertakan efek dari sebuah review dari sisi sentiment analysis sebagai faktor yang berpengaruh dalam prediksi revenue dari sebuah film.
Percobaan yang telah dilakukan dengan mengikutsertakan data historis revenue dan dokumen review menghasilkan prediksi yang lebih baik. Disamping itu ternyata ada faktor lain yaitu berpengaruh yaitu ketika dokumen review yang diikutsertakan diposting jauh sebelum minggu prediksi maka akan menghasilkan nilai MAPE yang lebih besar. Dari Pemodelan yang dilakukan didapatkan nilai error rate yang paling rendah yaitu 0.09322 dengan mengikutsertakan 3 minggu data historis revenue, satu minggu dokumen review dan nilai hidden sentiment sejumlah 4.Kata Kunci : prediksi, revenue, dokumen review, sentimentABSTRACT: In the term of business, prediction of demand of a product has become important part which very useful for stakeholder of company. It‟s caused by getting accurate prediction, management of resources can be managed well, moreover future demand can be prepared efficiently. In this final project, there is an axperiment about predicting revenue of film. When prediction has only use history data, the prediction is not accurate . Naturally, when someone will go to the theatre, they should get enough information by reading review of film. According to the condition, it gets an idea to use review of movie to predict revenue, moreover from sentiment analysis point of view as a factor that affect revenue of movie.
As a result of experiments that use data history, dokumen review shows that the prediction has become better. Beside that, there is another dactor that affect prediction of revenue. When we use document of review that posted few weeks before prediction, surprisingly the prediction going worse. Finally after some experiment that has been done, we obtain the best model of prediction that‟s 0.09322 . That use 3 weeks of data history, 1 week of documents posted and 4 for number of hidden sentiment.Keyword: prediction, revenue, document review, sentiment