Simulasi dan Analisis Perbandingan TCP Adaptive Fractional Window dan Fractional Window Increment Pada Jaringan IEEE 802.11 Multihop Ad Hoc Network

Arnas Sofyan

Informasi Dasar

113080235
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: TCP yang merupakan protocol transport yang beroperasi di layer 4 mempunyai peran yang sangat penting baik pada jaringan nirkabel maupun pada wired network, namun pada jaringan nirkabel, TCP mempunyai performa yang kurang memuaskan, seperti masalah bandwidth dan utilitas dengan layer di bawahnya.
Efek mobilitas mengurangi performa TCP, hal ini disebabkan oleh karena TCP tidak mempunyai kemampuan untuk mengenali perbedaan antara kegagalan koneksi dan kemacetan (congestion) sehingga menyebabkan kehilangan koneksi. Telah dilakukan penelitian berdasar hal tersebut diatas, ternyata mekanisme yang di terapkan di TCP FeW dalam menanggulangi hal tersebut sudah jauh lebih baik daripada TCP NewReno yang sudah lebih dahulu ada.
Berbasis hal tersebut, pada tugas akhir ini akan dilakukan simulasi dan analisis perbandingan performa antara TCP AFW dengan TCP FeW pada jaringan IEEE 802.11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TCP AFW dengan lingkungan terbatas pada scenario mobile random menggunakan ns2 menunjukkan throughput dari hasil simulasi yang lebih baik sebesar 1.12% daripada FeW, dengan modifikasi yang terbatas.

Kata Kunci : TCP, TCP AFW, TCP FeW, ns2ABSTRACT: TCP is transport protocol that operates at layer 4 has a very important role in both the wireless network and the wired network, but the wirless network, TCP has unsatisfactory performance, such as bandwidth and utility issues with layers underneath.
The effect of mobility reduces TCP performance, this is caused by TCP does not have the ability to recognize the difference between a connection failure and congestion that causes loss of connection. A study based on the above, it turns out that the mechanism applied in TCP Few in tackling it is much better than TCP NewReno that was already there.
Based on this, the final project will be carried out simulation and analysis of performance comparison between TCP AFW and TCP FeW on IEEE 802.11 network. The results showed that TCP AFW with limited environmental random mobile scenarios using ns2 showed throughput of the simulation results is 1.12% better than a TCP FeW, with limited modifications.Keyword: TCP, TCP AFW, TCP FeW, ns2

Subjek

Sistem Komputer dan Jaringan Komputer
 

Katalog

Simulasi dan Analisis Perbandingan TCP Adaptive Fractional Window dan Fractional Window Increment Pada Jaringan IEEE 802.11 Multihop Ad Hoc Network
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arnas Sofyan
Perorangan
Vera Suryani, Hilal Hudan Nuha
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini