Peningkatan Modularitas pada Pengembangan Game dengan Pendekatan Berorientasi Aspek

Arfi Rizally Perdana

Informasi Dasar

114 kali
113080259
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Game Development merupakan hal yang kini banyak ditemukan dimana-mana. Pembuatan game sudah bukan menjadi sesuatu yang khusus untuk orang tertentu. Bahkan kini sudah banyak aplikasi/framework yang dikembangkan dengan tujuan mempermudah dalam pengembangan game.
Aspect Oriented Programming merupakan metoda pengembangan software yang memiliki nilai lebih dalam pengelompokan suatu fungsionalitas agar tidak terpisah dalam berbagai modul.
Saat ini, kebanyakan orang masih menggunakan paradigma berorientasi objek. Hal tersebut mungkin karena kurangnya fasilitas yang menunjang pendekatan berorientasi aspek, seperti design pattern, framework, dan sebagainya.
Pada Tugas Akhir ini system of pattern yang berkaitan dengan Aspect Oriented Software Development diimplementasikan dalam proses pengembangan game untuk memudahkan pengembangan aspek yang handal. Kemudian dengan melihat hasil perhitungan metric-metric yang berkaitan dengan modularitas seperti Concern Metric, Cohesion Metric, serta Coupling Metric, tingkat modularitas dari program dapat diketahui sehingga dapatdilihat sejauh mana pengaruh penerapan system of pattern pada pendekatan berorientasi aspek pada peningkatan modularitas dari program keseluruhan, khususnya dalam proses pengembangan game.Kata Kunci : Aspect Oriented Programming, Aspect Oriented Software Development, Crosscutting Concerns, System of Pattern, Game DevelopmentABSTRACT: Game Development is now widely found everywhere. Making a game is not something that is specific to a particular person. Even now there are more applications / framework developed with the aim of facilitating the development of the game.
Aspect Oriented Programming is a software development method that has more value in the grouping of the functionality being separated in different modules.
Today, most people still use the object-oriented paradigm. This is probably due to lack of facilities that support aspect-oriented approach, such as design patterns, frameworks, and so on.
In this FinalTask, system of pattern related to the Aspect Oriented Software Development is implemented in the game development process to facilitate the development of a reliable aspect. Then by looking at the results of the calculation of metrics related to modularity like Concern Metric, Cohesion Metric and Coupling Metric, the modularity of the program can be measured to see how far the effect on implementation of the system of pattern on aspect-oriented approach to increase modularity of the overall program, particularly in the process of game development .Keyword: Aspect Oriented Programming, Aspect Oriented Software Development, Crosscutting Concerns, System of Pattern, Game Development

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Peningkatan Modularitas pada Pengembangan Game dengan Pendekatan Berorientasi Aspek
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Arfi Rizally Perdana
Perorangan
Kemas Rahmat Saleh Wiharja, Bayu Munajat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini