Sentiment Analysis of Online Customer Review Using Fuzzy Logic

Yessi Utami Putri

Informasi Dasar

129 kali
113081014
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini internet berkembang dengan sangat pesat.Pemanfaatan internet mencakup berbagai bidang, salah satunya adalah dalam bidang bisnis. Internet menunjang sisi customer relation suatu perusahaan/badan usahauntuk mempermudah pelaku bisnisdalam mengakses informasi mengenai pendapat/review terhadap produk yang dihasilkannya. Dengan semakin berkembang pesatnya dunia internet dan semakin banyaknya pengguna internet, maka jumlah pendapat/review tersebut pun semakin bertambah.Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode untuk membantu analisis terhadap pendapat/review tersebut.Hal itu disebut juga dengan analisis sentiment.Dalam skripsi ini dibahas analisis sentimentdari review seseorang terhadapfilm dalam sebuah bisnis perfilman yang diambil dari IMDB.Untuk melakukan analisis sentiment tersebut, digunakan metode Fuzzy Logic.Hasil analisis dibagi kedalam beberapa kelas, yaitu high positive, moderate positive, low positive, low negative, moderate negative, highnegative. Klasifikasi review dengan menggunakan metode Fuzzy Logic ini dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Dalam skripsi ini, faktor-faktor yang dianalisis adalah pengaruh pemilihan fitur, pengaruh perubahan jenis fungsi keanggotaan, dan pengaruh parameter nilai batas pada fungsi keanggotaan terhadap performansi metode Fuzzy Logic.Hasil evaluasi eksperimental yang telah dilakukan menunjukan bahwa metode Fuzzy Logic kurang mampu menyelesaikan permasalahan sentimet analysis. Hasil evaluasi eksperimental juga menunjukan bahwa proses pemilihan fitur dapat mempengaruhi hasil klasifikasi sentiment tetapi tidak terlalu signifikan.Kata Kunci : Film, Analisis Sentiment, Fuzzy Logic, Seleksi Fitur, Fungsi KeanggotaanABSTRACT: Today Internet is growing very rapidly. Use of the Internet icludes a variety offields, one of which is in the business field. Internet support customer relations of a compay or busiess to facilitate busiess in accessing information on the opinion or review of their products. With the rapidly growing world of internet and the increasing number og internet users, the number of of opinion or review is increasing too. Therefore, needed a method to assist the analysis of opinion or review it. It is so called sentiment analysis. In this paper discussed the analysis of the reiew one’s sentiment toward the movie in a movie business that was taken from IMDb. To perform sentiment analysis, the Fuzzy Logi method is used. The analysis divided into several classes, namely high positive, moderate positive, low positive, low negative, moderate negative, and high negative. Classification revew by using the Fuzzy Logic an be influenced by various factors. In this thesis, the factors that influence the selection of features is analyzed, the effect of changing the type of membership functions, and limit the influence of parameter values in the membership function of Fuzzy Logic method performance. The results of experimental evaluation has been done shows that the Fuzzy Logic method is enable to solve the sentiment analysis’s probles. The result of experimental evaluation also show that the feature selection process can affect the outcome of sentiment classification but not too significant.Keyword: Film, Sentiment Analysis, Fuzzy Logic, Feature Selection, Membership Function

Subjek

Rekayasa Perangkat Lunak
 

Katalog

Sentiment Analysis of Online Customer Review Using Fuzzy Logic
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yessi Utami Putri
Perorangan
Warih Maharani, Hetti Hidayati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini