Sistem Konversi Nada Sopran Menjadi Alto dan Tenor Menggunakan Wavelet Transformation dan Jaringan Syaraf Tiruan

Olivia Rebecca

Informasi Dasar

113081143
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam bidang seni suara, pembagian suara menjadi hal yang sangat penting untuk dipraktikkan. Namun terdapat keterbatasan pada manusia dalam mengenali pembagian suara yang terdiri dari beberapa jenis dan kadang hampir serupa antara jenis suara yang satu dengan yang lain. Pada tugas akhir ini akan dirancang sistem yang mampu mengkonversi nada sopran menjadi nada alto dan tenor. Sistem yang dirancang memanfaatkan transformasi wavelet dan Jaringan Syaraf Tiruan, namun Transformasi Wavelet tidak termasuk ke dalam penelitian tugas akhir. Input sistem menggunakan melody gitar dan output dari sistem diharapkan not alto (nada yang lebih rendah) dan not tenor (nada yang lebih tinggi).

Jaringan Syaraf Tiruan (JST) merupakan metode learning yang paling tepat digunakan dalam membangun sistem konversi nada sopran menjadi alto dan tenor karena kelebihannya yang mampu melaksanakan tugas-tugas tertentu seperti pengenalan pola dengan efektifitas yang sangat tinggi.

Dari hasil pengujian didapatkan bahwa metode JST dapat digunakan untuk konversi nada sopran menjadi alto dan tenor dengan output tingkat akurasi mencapai 80% berdasarkan kesesuaian not alto dan tenor dengan not soprannya.Kata Kunci : Konversi, Nada, Wavelet, JSTABSTRACT: In the field of sound art, sound distribution becomes very important to put into practice. But there are limitations in humans in recognizing the division, which consists of several kinds, and sometimes almost sounds like the kind one to another. At this final project will be designed a system capable of converting the tone soprano to alto and tenor tones. The system is designed utilizing wavelet transforms and Artificial Neural Networks, Wavelet Transformation but not included in the final project study. The input system using a guitar melody and the output of the system is expected not alto (lower tone) and not tenor (higher tone).

The Artificial Neural Network (ANN) is the most appropriate learning method used in building conversion system of soprano to alto and tenor notes because the benefits are able to perform certain tasks such as pattern recognition with very high effectiveness.

The test results obtained from ANN method can be used for the conversion of soprano to alto and tenor notes with with the output level of accuracy to 80% based on the suitability of the alto and tenor notes with the sopran notes.Keyword: Conversion, Notes, Wavelet, ANN

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Sistem Konversi Nada Sopran Menjadi Alto dan Tenor Menggunakan Wavelet Transformation dan Jaringan Syaraf Tiruan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Olivia Rebecca
Perorangan
Ade Romadhony, -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini