ABSTRAKSI: Penggunaan website untuk mendukung kegiatan akademik dalam dunia pendidikan terus berkembang, termasuk Telkom University yang mempunyai I-Gracias. Dan I-Gracias sebagai aplikasi yang menunjang kegiatan akademik tentunya harus memiliki pengaruh usability yang baik. Usability yang baik merupakan poin penting yang diperhatikan oleh pengguna agar menjadi efektif dan efisien dalam penggunaanya. Untuk mengetahui standar penilaian tingkat usability I-Gracias tersebut maka diperlukan model yang menguji tingkat kepuasan pengguna (user satisfaction) terhadap sistem. Sistem akan dinilai berdasarkan kriteria usability yang terdiri dari learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Pengukuran kepuasan pengguna dilakukan dengan bantuan kuesioner kepada pengguna terhadap I-Gracias. Kuesioner akan disebar dan menghasilkan data yang ada, untuk kemudian diolah dengan bantuan model Kano dan aplikasi SPSS. Setelah pengolahan maka akan dilakukan analisa terhadap hasil pengolahan data sehingga nantinya akan mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap usability I–Gracias dan memberikan rekomendasi terhadap peerbaikannya.Kata Kunci : I-Gracias, usability, user satisfaction, kuesioner, Kano, dan SPSSABSTRACT: Use the website to support academic activity in education world is developed over the time, including Telkom University that have I-Gracias. And I-Gracias as aplication that support academic activity certainly must have a good usability. The good usability is important point that must be noted by user that be effective and afficient in use of. To know the standart appraisal of level usability of I-Gracias then needed model that test the level of user satisaction againts system. The system will be rated by criteria of usability that consists of learnability, efficiency, memorability, errors and satisfaction. Measurement of user satisfaction is assistanced by quetioner to the user of I-Gracias. The quitioner is shared and will produce the data, then will be processed by model Kano and SPSS aplication. After the procession then the data will be analized against result of data procesing so will determine the level of user satisfaction of I–Gracias usability and give the recomedation for the improvement.Keyword: I-Gracias, usability, user satisfaction, quetioner, Kano, and SPSS