ABSTRAKSI: Metode CFD ( Computational Fluid Dynamic ) merupakan metode yang digunakan untuk meneliti sebuah aliran fluida atau air . Namun seiring perkembangan zaman, metode ini mulai diterapkan di bidang engineering , sa lah satunya adalah transportasi. CFD tidak memandang kendaraan secara individual dalam aliran , tetapi memandang arus lalu lintas sebagai aliran sederhana yang didis trib usikan secara terus menerus.Metode CFD diawali dengan menghitung kerapatan kendaraan untuk mengetahui hubungan jumlah kendaraan dan panjang jalan suatu ruas. Selanjutnya, CFD juga menghitung nilai arus dan arus jenuh kendaraan untuk mengetahui jumlah kendar aan setiap jam nya . Sedangkan aturan MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) adalah metode yang d irancang untuk menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan kapasitas jalan dan lalu lintas di Indonesia.MKJI dapat menentukan waktu nyala lampu lalu lintas, kapasitas jalan dan derajat kejenuhan suatu ruas.Hasil - hasil tersebut dapat diperoleh berdasarkan nilai arus dan arus jenuh yang didapat dari hasil perhitungan metode CFD.
Hasil akhir yang diperoleh dalam tugas akhir ini adalah simulasi traffic light yang dibangun berdasarkan hasil perhitungan metode CFD dan aturan MKJI serta keadaan persimpangan sebenarnya.sehingga diharapkan simulasi dapat memberikan gambaranyang mendekati keadaan nyatadi lapangan
Kata Kunci : Metode CFD ( Computational Fluid Dynamic ) , a turan MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia ), traffic light, simulation .ABSTRACT: CFD ( Computational Fluid Dynamics ) is a method used to examine a fluid flow or water . But over the times , this method begin to apply in the fields of engineer ing , one of which is transport . CFD are not individual vehicles in the flow , but show at the traffic flow as a simple flow continuously distributed . CFD begins by calculating the density of vehicles to determine the relationship of the number of vehicles and the length of a road segment .Furthermore , CFD also calculates the current value and saturation current vehicle to determine its number of vehicles every hour . While the rules MKJI ( Indonesian Highway Capacity Manual ) is a method designed to solve problem s related to the capacity of the road and traffic in Indonesia . MKJI can determine the time of the traffic lights , road capacity and degree of saturation of a segment . These results can be obtained based on the current value and saturation current obtai ned from the CFD calculation method .
The final results obtained in this thesis is the simulation of the traffic light which is built based on the results of the CFD calculation method and state rules and MKJI actual intersection . So it is expected that s imulation can provide a picture of the real situation on the ground approach .
Keyword: CFD ( Computational Fluid Dynamic ) , rules of MKJI ( Indonesian Highway Capacity Manual ), traffic light , simulation .