Perancangan dan Analisis Performansi Interactive Augmented Reality Berbasis CUDA GPU Computing

Vialli Muhammad Faijar

Informasi Dasar

79 kali
118090056
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Augmented reality merupakan turunan dari ilmu Computer Vision yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan dunia maya menggunakan media kamera secara real time. Hal yang paling mendasar dari augmented reality adalah objek 3 dimensi, marker detection, dan video streaming. Marker detection merupakan hal yang paling banyak memakan resource komputer sehingga dapat dikatakan bahwa hand detection sangat mempengaruhi performansi dari augmented reality. Dewasanya augmented reality dibagi menjadi dua jenis yaitu, marker based augmented reality dan markerless augmented reality. Untuk mengurangi waktu komputasi dan juga memperbaiki performansi dari augmented reality tersebut. Penulis mencoba untuk membuat suatu aplikasi augmented reality yang berbasis CUDA GPU Computing. CUDA merupakan arsitektur parallel yang dibuat oleh nvidia yang digunakan untuk memaksimalkan kemampuan yang ada didalam GPU untuk keperluan parallel computing. Dalam penelitian ini penulis mencoba membuat aplikasi augmented reality yang memiliki performansi yang baik sehingga penggunaannya dapat lebih maksimal kemudian penulis mencoba untuk menganalisis performansi dari interactive augmented reality, dengan cara membandingkan kecepatan fps dari sistem yang menggunakan CPU dengan sistem yang menggunakan GPU CUDA.Kata Kunci : Augmented Reality, CUDA, GPU, Haar Classifier, Hand Detection, OpenGLABSTRACT: Augmented reality is a derivative of Computer Vision that can combine the real world with the virtual world using cameras as the media in real time. The most fundamental of augmented reality is a 3-dimensional object, marker detection, and video streaming. Marker detection is the most computer resource consuming so that it can be said that the hand detection greatly affect the performance of augmented reality. These days augmented reality is divided into two types, marker-based and markerless augmented reality. To reduce the computational time and also improve the performance of augmented reality. The author tries to make an augmented reality application based on CUDA GPU Computing. CUDA is a parallel architecture made by nvidia used to maximize the capabilities that exist within the GPU for parallel computing purposes. In this study the authors tried to analyze the performance of interactive augmented reality, by comparing the fps rate of the system using a CPU with GPU systems using CUDA. The author also tried to create augmented reality apps that have good performance so that its use can be maximized.Keyword: Augmented Reality, CUDA, GPU, Haar Classifier, Hand Detection, OpenGL

Subjek

Informatika Teori dan Pemrograman
 

Katalog

Perancangan dan Analisis Performansi Interactive Augmented Reality Berbasis CUDA GPU Computing
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Vialli Muhammad Faijar
Perorangan
Fitriyani, Izzatul Ummah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini