ABSTRAKSI: Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda maya tersebut secara realtime . Salah satu implementasi teknologi tersebut ada lah a plikasi B uku Pengenalan Binatang untuk Anak U sia D ini . Diharapkan aplikasi ini menjadi media belajar mengajar bagi anak usia dini yang efektif dan menarik. Aplikasi tersebut dapat dibangun men g gu nakan library ARToolKit. Hal yang paling mendasar dari augmented reality adalah deteksi marker . Library ARToolK it memiliki kekurangan dalam mendeteksi marker. Proses deteksi marker pada library tersebut dilakukan dengan menemukan empat garis lurus dari marker yang saling berhubungan, sehingga aplikasi tidak dapat mendeteksi marker apabila kondisinya tidak ideal seperti terhalang oleh objek lain sehingga hanya terlihat sebagian . Untuk mengatasi kondisi tersebut, dibutuhkan metode untuk mengoptimalkan kinerja deteksi marker seperti metode Matin Hirzer. Dalam metode tersebut terdapat tahapan dalam proses mendeteksi marker dimulai dari mendeteksi tepian, membangun garis, menggabungkan garis, memperpanjang garis d an membangun segi empat . Hasil yang diperoleh dalam tugas akhir ini adalah aplikasi B uku Pengenalan Binatang untuk Anak Usia Dini dan analisis performa deteks i marker pada library ARToolKit dan deteksi marker menggunakan metode Martin Hirzer.KATA KUNCI: augmented reality, marker, deteksi marker, ARToolKit, Martin HirzerABSTRACT: Augmented reality is a technology that combines the virtual object into real world in realtime. One of the implementations of these technologies is a ppli cation The Book Animals Intro duction to Early Childhood. It’ s expected that this application becomes a media of learning for early childhood teaching effective and interesting . These applications can be built use ARToolKit library. The most fundamental of augmented realty is the detection marker. Library ARToolKit have shortcomings in detecting marker. The process of detection marker in the library is done by finding four straight lines of markers that are interconnected, so that the application can ’t detect the marker when marker conditions are not ideal as little obstructed by other objects , so the marker is only visible part ially . To overcome these conditions, necessary to optimize the performance of detection marker methods such as the Matin Hirzer method . In these methods there are stages in the process of detecting the marker starts from detecting edges, build the line, combining lines, extend lines and building rectan gular. The results obtained in this thesis is application The Book Animals Introduction to Early Childhood and perform ance analysis detection marker in library ARToolKit a nd detection markers using Martin Hirzer method .KEYWORD: augmented reality, marke r, marker detection, ARToolKit, Martin Hirzer