ABSTRAKSI: Iklim kompetisi dan perkembangan teknologi telekomunikasi yang pesat telah memaksa operator untuk inovatif, salahsatunya dalam hal pengembangan produk. Termasuk perkembangan produk berbasis teknologi FMC. Salahsatu hal yang kurang terkontrol dengan baik adalah masalah biaya overhead pengembangan produk telekomunikasi. Penerapan ABC pada proses pengembangan produk telekomunikasi diharapkan dapat mengontrol dan mengoptimalkan anggaran tetapi dengan tetap menjaga tingkat inovasi produk tetap tinggi. Pada tesis ini dilakukan analisis pengembangan produk berbasis aktivitas dengan studi analisis ABC. Studi diharapkan dapat memberikan gambaran proses pengembangan produk telekomunikasi dan pengendalian biaya overhead produk sehingga memberikan efektifitas inovasi produk-produk telekomunikasi. Hasil simulasi dengan asumsi model yang digunakan dalam tesis menunjukkan adanya tracking terhadap biaya per produk, apakah kelebihan atau kekurangan, dengan diterapkannya metode PLM eTOM dan activity based costing dalam manajemen produk.
Kata Kunci : activity based costing, layanan berbasis teknologi FMC, pengembangan produk telekomunikasi, biaya overhead produk, efisiensi biaya, bauran produk telekomunikasiABSTRACT: Competition and telecommunication technology fast development have been insisting domestic operator to be more innovatif which one of the innovation’s field is in telecommunication’s product management. Including in it is the development of telecommunciation’s products based on FMC. One of the biggest challenge in product management is in controlling overhead cost of product but at the same time, keeping the high innovation process . In this thesis, it is applied the analysis of the development process of telecommunication’s products based on the concept of ABC. The study should give the whole picture of the telecommunciation’s product management process and some controls of the overhead cost of products. The simulation, with assumptions of the model in this study, shows that application of eTOM’s PLC process and activity based costing methology give some information on overhead cost of products in the telecommunciation’s product management.
Keyword: activity based costing, FMC based products,product development, overhead cost of product, cost efficiency, telecommunication’s product mix