ABSTRAKSI: Dengan jumlah pelanggan Flexi yang terus meningkat berdampak kepada terbukanya peluang layanan-layanan baru, termasuk layanan jasa nilai tambah (value added service) untuk Short Message Service (SMS). Tidak dipungkiri lagi bahwa VAS SMS telah menjadi andalan bisnis bagi operator. TelkomFlexi sebagai operator dominan untuk layanan CDMA melihat VAS SMS sebagai salah satu sumber pendapatan (revenue generator) dari sektor data.
Pada tesis ini akan dikaji suatu konsep baru layanan VAS SMS, yaitu Advertising SMS atau layanan iklan berbasis SMS, dimana pengirim pesan SMS dapat mengirimkan pesan SMS tanpa membayar/berkurang pulsanya, dengan beberapa kondisi yang memenuhi persyaratan, karena biaya yang semestinya dikeluarkan pengirim ditanggung oleh pengiklan (ad-funded SMS). Kajian pada tesis ini akan dibahas dari aspek teknologi dan aspek lain yang memungkinkan pada penerapannya. Pertimbangan kapasitas layanan Advertising SMS juga menjadi bagian dalam pembahasan tesis ini.Kata Kunci : Short Message Service (SMS), value added service (VAS), Advertising SMS,ABSTRACT: TIDAK ADAKeyword: TIDAK ADA