ABSTRAKSI: University Course Timetabling (UCT) has a very challenging task to satisfy a set of stated objectives for students, lecturers, courses, rooms, and times to the highest possible extent. These objectives including the constraints must be assigned into the timeslots. This study attempts to solve the UCT problem by combining a Case-Based Reasoning (CBR) method and a Graph Coloring result. These two methods will solve satisfy the corresponding constraints, CBR to satisfy the soft-constraints and Graph Coloring to satisfy the hard-constraint. Combining these two methods has been implemented in this UCT system, which is an automated timetabling system to provide the timetable with an optimal solution.Kata Kunci : University Course Timetabling (UCT), hard-constraint, soft-constraint, Graph Coloring, Case-Based Reasoning (CBR), Optimal, timetabling.ABSTRACT: Permasalahan Penjadwalan Kuliah merupakan sebuah permasalahan yang kompleks dan menarik untuk diselesaikan karena harus dapat memenuhi sejumlah kebutuhan dari objek perkuliahan seperti mahasiswa, dosen, mata kuliah, ruang dan waktu dengan tingkat kepuasan setinggi mungkin. Adapun kebutuhan-kebutuhan tersebut memiliki sejumlah batasan untuk dapat dialokasikan ke dalam timeslot. Penelitian ini berusaha memecahkan permasalahan penjadwalan kuliah dengan mengkombinasikan metode Penalaran Berbasis Kasus atau Case-Based Reasoning (CBR) dan Pewarnaan Graf. Kedua metode ini digunakan sesuai dengan batasan atau constraint yang akan dipenuhi, CBR dipakai untuk memenuhi soft-constraints dan Pewarnaan Graf dipakai untuk memenuhi hard-constraint. Kombinasi kedua metode ini diimplementasikan dalam sistem penjadwalan kuliah, menjadi sebuah sistem penjadwalan kuliah otomatis dengan hasil berupa sebuah jadwal kuliah yang optimal.Keyword: Permasalahan Penjadwalan kuliah, hard-constraint, soft-constraint, Pewarnaan Graf, Case-Based Reasoning (CBR), Optimal, Penjadwalan Kuliah.