ABSTRAKSI: Sistem CDMA 2000 1X merupakan salah satu standar teknologi seluler yang telah mampu mengakomodasi layanan suara dan data dengan data rate hingga 153,6 kbps dan secara komersial telah siap untuk diterapkan. Sistem CDMA 2000 1X ini merupakan salah satu alternatif bagi jaringan CDMA IS-95 untuk berevolusi ke generasi berikutnya dengan layanan yang lebih variatif dan handal.
Pada kuliah Sistem Komunikasi Bergerak (Siskomber), CDMA 2000 1X ini sudah dipelajari. Namun demikian, dengan media yang terbatas, mahasiswa tidak dapat memahami materi tersebut secara optimal.
Maka dari itu, pada Proyek Akhir ini, penulis mencoba membuat sebuah “Perangkat Ajar CDMA Untuk Menunjang Mata Kuliah Sistem Komunikasi“, untuk mempermudah pembelajaran tentang CDMA. Dengan dibuatnya Proyek Akhir ini, diharapkan mahasiswa akan mengerti tentang konsep CDMA secara lebih mendalam lagi, karena mereka tidak hanya mempelajari teori saja, namun juga mengetahui diagram blok dan karakteristiknya melalui alat bantu simulator.
Perangkat ajar ini dibuat dengan menggunakan tools Macromedia Flash MX 2004. Didalamnya ditampilkan materi-materi berupa tutorial dan visualisasi. Kemudian perangkat ajar yang telah dibuat di uji kelayakannya melalui kuisioner terhadap mahasiswa. Kuisioner ini meliputi kelayakan suatu sistem dan materi dari perangkat ajar ini.
Berdasarkan hasil kuisioner dihasilkan responden yang mengatakan sangat sesuai dan sesuai dengan perangkat ini 5,92% dan 85,13 %, itu berarti perangkat ini bisa diterima sebagai perangkat untuk membantu dalam proses belajar. Sedangkan 8,75% mengatakan kurang sesuai dan 0,21% mengatakan tidak sesuai. Dari hasil itu bisa dikatakan perangkat sudah sesuai walaupun masih perlu adanya perbaikan baik itu dari segi sistem maupun materinya.Kata Kunci : ABSTRACT: CDMA2000 1X System representing one of cellular technology standard which have been able to accommodate the service voice and data with the data rate till 153,6 kbps and commercially have ready for applied. CDMA2000 1X System of also represent one of alternative for CDMA IS-95 network for the evolution to the next generation which is have more varying and rely on service.
In the Mobile Communications System subject, this CDMA 2000 1X have been learned. But, with the finite media, student cannot comprehend the material optimally.
Hence from that, at this Final Project, writer tries to make a "The CDMA Peripheral Teach to Support Communications System Subject", to facilitating the study of CDMA. In this Final Project, expected a student will be more understand about the concept of CDMA more circumstantial, because they not only learn just theory, but also know the block diagram and its characteristic help by simulator.
Peripheral teach this made by using Macromedia Flash MX 2004 tools. In this Peripheral teach presented items in the form of tutorial and visualizing. Then the eligibility of peripheral teach will be test by questioner to students. This questioner covers the eligibility of systems and items from the peripheral teach.
According to the result of questioner yielded by a responder telling very according to and as according to this peripheral 5,92% and 85,13%, that mean this peripheral is acceptable as peripheral to assist in course of learning. While 8,75% telling less according to and 0,21% telling inappropriate. From that result that a peripheral acceptable although it’s still need repair from system and also itemsKeyword: