Rancang Bangun Rectifier Antena 890-915 MHz

A. Tenri Pakkua

Informasi Dasar

611040047
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Bertambahnya kebutuhan akan fitur-fitur baru dalam dunia selluler, menuntut pula penggunaan tegangan dan daya yang besar. Menggunakan baterai, kopling magnetic, atau solar cell untuk mencatu beban utama agar beban dapat terus beroperasi dan berdaya guna adalah hal yang telah biasa kita gunakan dan penggunaanya pun terbatas. Maka dalam Proyek Akhir ini dibuat suatu metode baru pencatuan telepon selluler (mobile) dengan memanfaatkan radiasi gelombang mikro di sekitar kita. Metode ini menggunakan antena microstrip yang kemudian dihubungkan dengan DC Power processing untuk memberikan kedua polaritas yaitu tegangan positif dan negatif.
Proyek Akhir ini menyajikan desain, implementasi dan karakteristik susunan rectifier antena untuk pencatuan telepon selluler dari radiasi gelombang mikro. Tiap elemen antena memiliki rectifier dengan dioda yang melekat pada dimensinya (untuk Rectenna I), sedangkan pada Rectenna II memiliki rangkaian rectifier sendiri yang terpisah dari antena, output yang dihubung seri (pada Rectenna I array) untuk mendapat tegangan yang dipersyaratkan dan daya pada perkiraan efisiensi 40%.
Konstanta-konstanta bahan yang berpengaruh antara lain konstanta permitivitas ( r ). Setiap bahan mempunyai parameter tersebut dan dapat diketahui nilainya dari hasil perhitungan nilai kapasitansi yang diperoleh dari pengukuran bahan dengan menggunakan Network Analyzer. Selain itu pengukuran tegangan dan daya keluaran dari Rectifier antena menggunakan Spectrum Analyzer.Kata Kunci : -ABSTRACT: Improvement of new features needs, forced us to use more voltage and power. Using battery, magnetic coupling or solar cell can supply main load so the load can still operating and useful, are an usual things to be done but it has some limitation in use. In this final project, we are made a new methode of mobile telephone power supply by using microwave radiation around us. This methode is using microstrip antenna and then we connect it to the DC Power processing to give two polarity that is positive and negative voltage.
In this final project presented design, implementation and composition characteristic rectifier antenna to supply mobile telephone from microwave radiation. Every element of antenna has a rectifier with diode in the dimension (for Rectenna I), and than for Rectenna II has a own combination rectifier that separate from the antenna, outputs are connected serially (for Rectenna I array) to get conditional voltage and power at 40% efficiency.
Material constant that effected is permitivity constant ( r ). Every materials have it and can be counted from calculating capacitance that get from materials measurement by using Network Analyzer. Beside that, we also get it from measuring rectifier antenna output power and voltage by using Spectrum Analyzer.Keyword: -

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Rancang Bangun Rectifier Antena 890-915 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A. Tenri Pakkua
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini