Perancangan dan Realisasi Digital IC Tester Dengan Tampilan LCD

Sari Tri Pratiwi

Informasi Dasar

611060113
621.382 16
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Digital IC Tester merupakan suatu alat penguji IC yang digunakan untuk menguji sirkuit terpadu pada IC. IC tester ini terdiri dari beberapa unit yang terkait dalam bidang teknik digital dan mikrokontroler. IC Tester ini dibuat karena di IT Telkom khususnya Laboratorium Teknik Digital belum mempunyai alat yang dapat membantu untuk menguji IC itu masih baik dan layak dipakai atau tidak.
Pada proyek akhir ini dititikberatkan pada pembuatan IC tester dimana rangkaian yang digunakan adalah gerbang logika dasar dan menggunakan mikrokontroler jenis AT 89S52. IC tester ini dibuat untuk menguji apakah IC yang sudah digunakan masih layak untuk dipergunakan dengan melihat kondisi setiap gerbang pada IC tersebut. Dimana setiap gerbangnya akan diberikan masukan sesuai dengan prinsip kerja dari IC yang akan diuji. Karena jenis IC yang akan diujikan lebih dari satu maka penulis mempergunakan keypad sebagai alat untuk menyeleksi IC yang akan diujikan. Keunggulan dari pembuatan IC tester ini adalah penulis mengkombinasikan rangkaian dengan menggunakan mikrokontroler 8952 dengan hasil output dapat dilihat pada tampilan di LCD, berupa kondisi dari IC tersebut “OK” atau “RSK”, selain itu penulis berharap bahwa alat ini dapat dioperasikan dengan mudah oleh orang yang memang belum mengetahui tentang alat ini sebelumnya. Komponen yang digunakan dalam pembuatan alat ini sehemat mungkin agar biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan IC tester ini lebih murah jika dibandingkan dengan yang ada dipasaran.
IC tester ini lebih dapat diandalkan dan lebih mudah karena kita tidak perlu sampai harus menggunaakn sirkuit yang berbeda untuk berbagai jenis IC, setiap kali kita perlu untuk menguji mereka.
Kata Kunci : Kata kunci : Gerbang Logika Dasar, Mikrokontroler AT 89S52, LCD, KeypadABSTRACT: Digital IC Tester is a tool used IC tester for testing integrated circuits in the IC. IC tester consists of several units in the relevant field of engineering and digital microcontroller. IC Tester is made for the IT Telkom especially Digital Engineering Laboratory did not have a tool that can help to test the IC is still good and worthy, or not used.
This project focuses on creating a series of IC tester which is used and the basic logic gates using microcontroler type AT 89S52. IC tester was to test whether the IC that is used is still feasible to see the condition of each gate in the IC. Each gate will be provided with appropriate input from the working principles of the IC will be tested. Because the type of IC which will be tested more than one author use the keypad as a means to select the IC will be tested. The advantages of the IC tester is to combine a series of writers using microcontroler 8952 and output results can be seen on display in the LCD, which is a condition of the IC is "OK" or "RSK", in addition to the authors hope that this tool can be operated easily by those who do not know about this tool before. Components used in making this tool it may be arranged so that the cost incurred in making the IC tester is cheaper when compared with those in the market.
IC tester can be more reliable and easier because we do not need to use different circuits for different types of IC every time we need to test them.
Keyword: Keywords: Basic Logic Gates, Microcontroler AT 89S52, LCD, Keypad

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Digital IC Tester Dengan Tampilan LCD
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sari Tri Pratiwi
Perorangan
M Ramdhani,,MT, Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini