PERANCANGAN APLIKASI PEMBELIAN PULSA LISTRIK PRABAYAR BERBASIS J2ME

Jerry Septian Dwi Hartono

Informasi Dasar

611080063
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Listrik prabayar merupakan suatu produk inovasi yang memberi kesempatan kepada pelanggan untuk menggunakan listrik dengan sistem transaksi pembayaran dimuka sebelum listrik dipakai, melalui pembelian dan pengisian “token-kwh” atau nilai isi ulang kwh (serupa dengan nilai pulsa pada handphone), sehingga memberi nilai tambah serta manfaat bagi pelanggan. Bagi pengguna yang sangat mobile dan sibuk akan kesulitan ketika ingin membeli pulsa token yang ada di tempat tertentu saja. Pelanggan juga kesulitan mendapat informasi yang diberikan PLN karena tidak memiliki waktu untuk datang ke PLN. Oleh karena itu diperlukanlah aplikasi yang dapat mempermudah pengguna listrik prabayar dalam menggunakan layanan ini, karena pada dasarnya setiap pelanggan menginginkan pelayanan yang bagus, baik itu layanan yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, efektif dan efisien. Melihat hal itu perlu adanya suatu terobosan yang dilakukan.

Pada proyek akhir kali ini peneliti mencoba memecahkan masalah tersebut dengan membuat sebuah aplikasi berbasis J2ME dengan spesifikasi minimum CLDC 1.0 dan MIDP 2.0. Aplikasi ini memiliki fitur pembelian pulsa listrik prabayar, cek dan bayar tagihan listrik pascabayar, layanan pasang baru, layanan perubahan beban, akses informasi gangguan, dan feedback yang berupa saran dan kritik dari pengguna aplikasi.

Hasil yang didapat setelah merancang sistem dan mengimplementasikannya yaitu aplikasi ini berjalan baik 100% pada handphone, website admin berjalan baik 100%, dan waktu yang diperlukan untuk mengakses tiap menu berkisar 0,024 ms – 0,322 msKata Kunci : token-kwh, prabayar, handphoneABSTRACT: Prepaid electricity is a product innovation that gives an opportunity to the customers to use electricity with an upfront payment transaction system before electricity is used, through the buying and charging "kwh-token" or recharge the kwh (similar to the deposit on the mobile phone), so it gives an add value and benefits to customers. But for very mobile and busy users, they will get trouble when they want to get information provided by PLN because the users don’t have the time to come to PLN, and when the users want to buy deposit token which sold at certain places only. Therefore require an application which can facilitate the prepaid electricity users in using this service, because basically every customer wants good service, which can be served anywhere, anytime, effectively and efficiently. Based on that reason, so there is something must be created.

In this final project, researcher try to solve these problem by making an application that needed by PLN customer which has a mobile characteristic based on J2ME with the minimum specifications CLCD 1.0 and MIDP 2.0. This application has some features such as purchase electricity prepaid pulse, check and pay the postpaid electric bill, new customers instalation service, power changes service, the breakdown information and suggestion and criticism feedback from this application user.

The results obtained after designing the system and implementing it, we got the result that this application works 100% well on handphone, the server works well 100% too, and the client-server access times is about 0,024 ms to 0,322 msKeyword: kwh-token, prepaid, handphone

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI PEMBELIAN PULSA LISTRIK PRABAYAR BERBASIS J2ME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Jerry Septian Dwi Hartono
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, M. Iqbal.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini