Perancangan Dan Realisasi Sistem Pengecekan Jumlah Penumpang Pada Tiap Cek Poin Dalam Bis Menggunakan Sistem GPS dan SMS Gateway

Ahmad Furqon

Informasi Dasar

611080092
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Pengecekan jumlah penumpang di dalam sebuah bis merupakan bagian dari kebijakan yang diterapkan oleh pihak manajemen bis. Perusahaan bis perlu melakukan kebijakan ini untuk mencegah terjadinya ketidak sesuaian antara pendapatan dengan jumlah penumpang. Manajemen bis sangat terbantu dengan diterapkannya kebijakan ini. Pengecekan ini dilakukan sebanyak dua atau tiga kali dalam satu kali perjalanan sehingga membuat penumpang merasa kurang nyaman. Meskipun kebijakan ini sudah diterapkan, dalam kenyatannya masih sering terjadi kesalahan menghitung oleh orang yang mengecek jumlah penumpang tersebut.

Prinsip kerja proyek akhir ini adalah menghitung jumlah push button switch yang terhubung pada mikrokontroler ATmega8515. Push button switch ini akan merubah nilai tegangan pin input mikrokontroler Atmega8515 dari 5 volt menjadi 0 volt ketika dalam keadaan on. Perubahan nilai tegangan ini dideskripsikan pada mikrokontroler Atmega8515 sebagai bertambahnya jumlah penumpang. Hasil dari penjumlahan inilah yang akan dikirimkan melalui sms. Lokasi pengiriman sms ditentukan dari perbandingan data koordinat hasil dari modul gps PMB648 dengan koordinat yang telah ditentukan pada mikrokontroller8515 sebagai trigger untuk menjalankan program sms.

Hasil keluaran dari proyek akhir ini adalah aplikasi berhasil mendeteksi keberadaan penumpang yang dilakukan dalam 10 kali percobaan. Persentase keberhasilan alat ini adalah 100%. Waktu rata-rata pengiriman data jumlah penumpang dan koordinat lokasi cek poin dari mikrokontroler ATMEGA8515 ke handphone adalah 2 detik.Kata Kunci : SMS GATEWAY, SISTEM GPS.ABSTRACT: Checking the number of passengers in a bus is part of the policy implemented by the management bus. Bus companies need to do this policy to prevent mismatches between revenue by the number of passengers. Bus management greatly helped with the implementation of this policy. The control is done by two or three times in one trip so as to make passengers feel less comfortable. Although this policy has been implemented, there are still frequent counting errors by the person who checked the number of passengers.

The working principle of this final project is to count the number of push-button switches that are connected to the microcontroller8515. Push button switch will change the value of the input pin microcontroller ATMega8515 voltage from 5 volts to 0 volts when pressed. Voltage change is described as the increasing number of passengers. The result of this sum will be sent via sms. Determination sms delivery location coordinate data generated from the comparison of the results of the module gps PMB648 coordinates are specified in the microcontroller Atmega8515 as a trigger to run the program sms.

The results of this final output project is application successfully detect the presence of passengers carried in 10 attempts. The percentage of success of this system is 100%. Average time delivery of data on the number of passengers and the coordinate location of the microcontroller ATMega8515 check points to phone is 2 seconds.Keyword: SMS GATEWAY, GPS system.

Subjek

Otomation
 

Katalog

Perancangan Dan Realisasi Sistem Pengecekan Jumlah Penumpang Pada Tiap Cek Poin Dalam Bis Menggunakan Sistem GPS dan SMS Gateway
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahmad Furqon
Perorangan
Asep Mulyana, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini