Perancangan dan Implementasi Aplikasi Running Text Pada TV Esfera Berbasiskan SMS Gateway

Dwicahyo Aris Winarto

Informasi Dasar

611090037
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Di lingkungan IT Telkom,kegiatan sehari-hari yang dijalankan tidak selamanya berjalan lancar. Terkadang, civitas akademika memiliki agenda yang bersamaan atau ada agenda yang bersifat mendadak. Pada kasus ini, civitas akademika difokuskan kepada dosen. Di sisi lain, kita memiliki fasilitas TV Esfera yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif penyampaian informasi.
Pada proyek akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi sebuah aplikasi running text pada monitor TV Esfera dengan memanfaatkan layanan SMS Gateway. Layanan ini menjadi alternatif penyampaian informasi di lingkungan kampus IT Telkom. SMS yang masuk ke dalam database diolah oleh sistem untuk ditampilkan di TV. Dalam menampilkan SMS ini, bekerja sama dengan Esfera yang memiliki akses TV di gedung B. SMS yang ditampilkan berupa running text. SMS yang ditampilkan hanya SMS yang nomornya telah terdaftar di database.
Hasil yang didapat dari proyek akhir ini adalah sebuah sistem SMS Gateway yang terhubung dengan aplikasi running text. Sistem ini diharapkan dapat menjadi alternatif penyampaian informasi di lingkungan IT Telkom. Waktu tempuh yang ditempuh saat mengirim pesan hingga sampai ke admin dan juga ketika admin mengapprove hingga tampil dalam bentuk running text rata-rata 20 detik. Server dapat memproses lima SMS yang masuk secara bersamaan dalam waktu 18 detik. Aplikasi running text dapat menampilkan maksimum tiga pesan singkat yang jumlah karakternya kurang dari 160.Kata Kunci : SMS, TV Esfera, running textABSTRACT: In the IT Telkom, daily activities undertaken do not always go smoothly. Sometimes, academics have the same agenda or any agenda that happened is sudden. In this case, the academic community focused on lecturers. On the other hand, we have a TV Esfera that can be used as an alternative delivery of information.
At this final project do design and implementation of an application running text on a TV Esfera using SMS Gateway. This service is an alternative to deliver information in campus IT Telkom. SMS that goes into the database is processed by the system to display on the TV. In this SMS display, working with Esfera has access TV in the building B. SMS shown as running text if only the number has been registered in the database.
The results of this final project is an SMS Gateway system that is connected with the application running text. The system is expected to be an alternative delivery of information in the IT Telkom. Travel time that taken when sending a message to get to the admin as well as admin approved to appear in the form of running text an average of 20 seconds. Server can process the incoming SMS five simultaneously within 18 seconds. Applications running text can be shown if the message less than 160 characters.Keyword: SMS, TV Esfera, running text

Subjek

Otomation
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Aplikasi Running Text Pada TV Esfera Berbasiskan SMS Gateway
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwicahyo Aris Winarto
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Tody Ariefianto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini