SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN SIG BERBASIS WEB

AGINA ASTRI SUSANTI

Informasi Dasar

611090055
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem informasi Rumah Sakit menggunakan SIG berbasis-web ini dibuat karena melihat dari kondisi geografis Indonesia. Selain itu juga karena banyaknya jumlah rumah sakit yang tidak diimbangi dengan adanya sarana untuk memantau keadaan di tiap-tiap rumah sakit. Sehingga mengakibatkan kelayakan maupun ketersediaan fasilitas tidak dapat diketahui dengan tepat.
Web ini dibuat menggunakan Sistem Informasi Geografis yang merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk data yang bereferensi keruangan. Dan sebagai tampilan petanya akan digunakan peta dari Google Map. Sedang dalam pembuatan web sebagai interface ke user digunakan bahasa pemrogaman HTML juga codeigniter sebagai bahasa pemrogaman.
Proyek akhir ini menghasilkan web yang berfungsi sebagai alat bantu untuk memantau rumah sakit, mengetahui kelayakan rumah sakit dan fasilitas yang tersedia di dalamnya, serta mengetahui kasus yang banyak ditangani di rumah sakit sehingga dapat diambil tindakan lebih lanjut. Dengan tolak ukur keberhasilan proyek akhir ini adalah dengan melakukan pengujian terhadap semua fitur yang ada di dalam web dan MOS serta server load sebagai tolak ukur tambahan. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem informasi ini dikatakan cukup layak dari rata-rata hasil pertanyaan kuesioner yang lebih dari tiga, dan jumlah pengunjung situs maksimal adalah 500 pengunjung yang didapat dari pengujian dengan menggunakan webserver stresstool.Kata Kunci : Sistem Informasi, Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System),ABSTRACT: The Hospital Information System with Web-Based GIS was created by sight of the geographical condition of Indonesia, also because of the large number of hospitals that are not balanced by any means to monitor the situation in each hospital. So the feasibility and availability of facilities cannot be precisely known.
This web was created using Geographic Information System which is a computerbased information system that is used to spatially referenced data. And as the map view will use maps from Google Map. While in the making, the web user interface is using HTML programming language and also codeigniter as a programming language.
As a result, this final project is a functional web as a tool for monitoring the hospitals determine the feasibility of hospitals and facilities available in them, and to know that a lot of cases handled in house hospital so he could be taken further action. With the success of the final project benchmarks is to perform tests on all the features available in the web and MOS as additional benchmarks. From the results of testing that has been done, it can be concluded that the information system is said to be quite worthy from the average results of the questionnaire questions were more than equal to three, and the maximum number of visitors to the site are 500 visitors obtained from testing using webserver stresstool.Keyword: Information Systems, Geographic Information Systems (Geographic Information

Subjek

Otomation
 

Katalog

SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN SIG BERBASIS WEB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGINA ASTRI SUSANTI
Perorangan
Istikmal, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini