Perancangan dan Pembuatan Tester Mikrokontroler ATMega 8

Ria Apriani

Informasi Dasar

8 kali
611090065
629.8
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya kesibukan manusia membuat orang berpikir untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu hampir semua peralatan mekanik diubah menjadi piranti otomatis. Beberapa piranti otomatis memerlukan suatu IC mikrokontroler dalam pembuatannya. Mikrokontroler adalah sebuah sistem mikroprosesor yang didalamnya sudah terdapat CPU, ROM, RAM, I/O, clock dan peralatan internal lainnya yang sudah saling terhubung dan terorganisasi dengan baik oleh pabrik pembuatnya dan dikemas dalam satu chip yang siap dipakai sehingga pengguna tinggal memprogram isi ROM sesuai aturan penggunaan oleh pabrik yang membuatnya.

Ketika akan menggunakan atau membeli suatu IC mikrokontroler pengguna tidak tahu kondisi IC tersebut dalam keadaan baik atau rusak. Sering kali kerusakan pada mikrokontroler diketahui setelah digunakan. Oleh karena itu pada proyek akhir ini penulis akan merancang dan merealisasikan sebuah alat untuk mengecek suatu kondisi port I/O IC mikrokontroler Atmega 8 dalam keadaan baik atau rusak. Alat ini mengintegrasikan dua buah mikrokontroler yaitu mikrokontroler penguji (master) dan mikrokontroler yang diuji (slave). Mikrokontroler penguji (master) berisi program yang akan di-load-kan ke mikrokontroler yang diuji (slave).

Dari komunikasi kedua mikrokontroler tersebut dapat diketahui bagaimana kondisi IC mikrokontroler yang diuji apakah dalam keadaan baik atau rusak. Pada pengujian Proyek Akhir ini didapatkan tegangan catudaya 4.9 Volt, kemudian komunikasi antara dua buah mikrokontroler dan pengecekkan terhadap slave sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan adanya feedback yang ditampilkan pada LCD, LCD menampilkan O (OK) pada PIN yang bagus dan X (rusak) pada PIN yang rusak. Dalam pengujian ini terdapat satu PIN rusak yaitu PINC.6 karena dalam pengujian ini digunakan ATMega uji (ATMega 8) yang memiliki kondisi PINC.6 yang rusak.Kata Kunci : Mikrokontroler Atmega 8, Mikrokontroler penguji (master), Mikrokontroler yang diuji (slave), LCD.ABSTRACT: With developing of technology and human activity was more increasing, makes people think to work more effectively and efficiently. Because of that, almost all of the mechanic tools was changed to be automatic tools. A lot of automatic tools needed an IC microcontroller. Microcontroller is a microprocessor system which already exist inside the CPU, ROM, RAM, I/O, clock, and other internal tools that are mutually connected and organized each other by the manufacturer and packaged in a single chip that is already to use. So we just programming the ROM content based on the regulation of the manufacturer.

When the user would use or buy an IC microcontroller, the user didn‟t know how the condition of that, is it in a good condition or bad codition. Ussualy demaged of IC microcontroller is known while it has been used. Because of that, in this final project, writer will design and realize a tool that can be used to check a condition of IC microcontroller ATMega 8 is in a good condition or bad condition. This tool is integrating two pieces of microcotroller. Tester IC microcontroller (master) and IC microcontroller to be tested (slave). Tester microcontroller (master) contents the program that will be loaded to the IC microcontroller to be tested (slave).

From both of communication microcontroller could be known how the condition of IC microcontroller to be tested is in a good condition or bad condition. In this test of Final Project is shown that the voltage of the power supply is 4.9 Volt, then the communication between two microcontroller and the test of slave have already good signed by there is feedback displayed on LCD, LCD shows O (OK) to a good condition of PIN and shows X (demaged) to the demaged PIN. In this test there is one PIN gives the feedback X (demaged), the demaged is in PINC.6 because in this test is used ATMega to be tested (ATMega8) which have the demaged in it‟s PINC.6.Keyword: Microcontroller ATMega 8, Tester IC microcontroller (master), Microcontroller to be tested (slave), LCD.

Subjek

Otomation
 

Katalog

Perancangan dan Pembuatan Tester Mikrokontroler ATMega 8
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ria Apriani
Perorangan
Mas Sarwoko Suraatmadja, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini