Pengatur Arah Antena Dengan Alat Kontrol Berbasis Inframerah

Muhammad Henry Glen

Informasi Dasar

611090082
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembang teknologi zaman sekarang yang semakin berkembang, sudah seharusnya semua alat bisa dikendalikan oleh alat pengontrol (remote control). Banyak dari beberapa orang yang merasa kesal pada saat menonton acara televisi pada saat keadaan cuaca buruk. Hujan besar serta angin besar sering sekali merubah arah antena televisi dan membuat orang yang sedang menonton acara kesayangannya harus memperbaiki antena tersebut dengan memanjat ke atap rumah. Atap rumah yang kadang sudah dilapisi lumut membuat atap rumah menjadi licin. Hal itu sering membuat orang terjatuh dari atap rumah yang membuat orang terluka bahkan meninggal dunia.

Pada Proyek Akhir ini penulis membuat pengatur arah antena yang merupakan salah satu cara untuk membantu merubah arah antena luar yang dapat diatur oleh manusia dari jarak jauh menggunakan alat kontrol (remote control). Alat kontrol tersebut didasari oleh inframerah dan motor DC untuk pergerakkan arahnya. Alat kontrol ini bisa mengatur pergerakan arah antena dengan rotasi-rotasi pergerakan yang dimilikinya.

Secara keseluruhan kinerja alat pengatur arah antena telah menunjukkan hasil sesuai dengan rancangan yaitu antena dapat dikontrol perubahan arahnya dari jarak jauh dengan jarak antara remote TV Sony dan receiver adalah 8 meter dengan kondisi receiver tidak tertutup benda yang tidak tembus pandang. Dimana rotasi yang dibuat pada remote terdiri dari 15 derajat dan 45 derajat ke arah kanan dan kiri.Kata Kunci : remote control, receiver, motor DCABSTRACT: Development technology nowadays is growing. All tools should be controlled by a controller (remote control). Many of people who get irritated when watching television during bad weather conditions. Big rain and big winds often change direction and make the television antenna that was watching her favorite show should fix the antenna by climbing onto the roof of the house. Roof is sometimes made of moss-covered roof became slippery. It often makes people fall from the roof of the house that makes people injured and even die.

At the end of this project will be directional antenna that is one way to help change the direction of an external antenna that can be set by humans from a distance using remote control. The controller is based on infrared and DC motors for movement dirction. These controls can regulate the movement of the antenna direction to the rotations movement has.

Overall antenna performance regulator has shown results according to design an antenna that can be controlled from far away about 8 meters which is receiver is not block with an invisible thing. Where rotation is made on the remote that consists of 15 degrees and 45 degrees to the right and left.Keyword: remote control, receiver, DC motor

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Pengatur Arah Antena Dengan Alat Kontrol Berbasis Inframerah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Henry Glen
Perorangan
Dharu Arseno, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini