PERANCANGAN PROTOTYPE TEMPAT TIDUR PASIEN MENGGUNAKAN PUSHBUTTON

Lisa Maria

Informasi Dasar

611090109
621.381
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAKSI: Tempat tidur merupakan salah satu kebutuhan penting manusia saat ini. Sampai saat ini, hampir semua tempat tidur di dunia diciptakan seperti tempat tidur manual biasa; tidak bisa bergerak. Terutama di Rumah Sakit, banyak sekali tempat tidur yang hanya bisa digerakkan dengan menarik/memutar gagang putaran yang biasanya terletak di samping tempat tidur pasien. Hal tersebut memerlukan waktu dan tenaga yang berlebih karena biasanya gagang putaran tersebut sangat sulit dan berat untuk memutarnya. Oleh karena itu dibuat suatu alat berupa tempat tidur pasien dengan memanfaatkan push button yang telah terintegrasi dengan gearbox dan relay yang akan membuat tempat tidur tersebut bergerak sesuai perintah yang kita berikan ke push button. Perancangan alat ini dituangkan dalam bentuk proyek akhir yang berjudul “Perancangan Prototype Tempat Tidur Menggunakan Pushbutton”
Dalam Proyek Akhir ini dibuatlah tempat tidur menggunakan pushbutton. Push button sangat umum digunakan karena alat ini mudah untuk dipelajari dan dipahami karena fungsi dan cara kerjanya yang sangat sederhana. Prinsip kerja alat ini adalah ketika push button di tekan yang telah diisi dengan program yang sedemikian rupa melalui rangkaian relay yang kemudian akan memicu motor DC untuk menggerakkan tempat tidur naik maupun turun sesuai dengan perintah pengguna.
Daya yang digunakan adalah sebesar 12 Watts. Pada alat ini juga dilakukan pengukuran secara subjektif yaitu dengan menggunakan metode MOS. Dari hasil analisis MOS, data yang didapat untuk kemanfaatan alat adalah 3.63. Untuk rata-rata opini mengenai kemudahan pengoperasian alat ini adalah 3,97. Sedangkan rata-rata opini mengenai desain alat ini adalah 3,57.Berdasarkan nilai MOS ITU-T P800 tergolong baik.Secara keseluruhan kinerja alat sistem tempat tidur telah menunjukan hasil sesuai dengan rancangan yaitu bagian kepala dan bagian kaki dapat bergerak naik dan turun sesuai perintah yang diinginkan pengguna.Kata Kunci : Push button, relay, motor DC.ABSTRACT: The bed is one of the essential needs of man. Until now, almost all the beds in the world are created as ordinary manual bed; unable to move. Especially in the hospital, a lot of the bed can only move by dragging / twisting a round handle that is usually located at the patient's bedside. It takes time and effort because of excessive rounds usually handle these very difficult and tough to play. Therefore, it is a tool in the form of the patient's bed by using a push button that has integrated gearbox dengang and relay that will make the bed move according to the commands we give to the pushbutton. The design tool is manifested in a final project entitled "Design Build Settings image Beds Patients Using Pushbutton".
In this final project made a bed using a pushbutton. Push button is very commonly used because these tools are easy to learn and understand because the functions and how it works is very simple. The working principle of this device is when the push button on the press that has been filled with such programs through a series of relay which will then trigger the DC motor to move the bed up or down according to user commands.
Power used is 12 Watts. In this tool also measured subjectively by using MOS method. From the analysis of the MOS, the data obtained for the benefit of the tool is 3.63. For the average opinion about the ease of operation of this instrument is 3.97. While the average opinion about the design of this tool was 3.57. Based on ITU-T MOS value of P800 belonging to the overall performance of the instrument system baik.Secara bed has shown results in accordance with the design of the head and the legs can be moved up and down on command the user wants.Keyword: Push button, relay, DC motor.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN PROTOTYPE TEMPAT TIDUR PASIEN MENGGUNAKAN PUSHBUTTON
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lisa Maria
Perorangan
Dharu Arseno, Denny Darlis
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini